Pemerintah Siapkan Kebijakan Stimulus Bagi Koperasi dan UMKM – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Pemerintah Siapkan Kebijakan Stimulus Bagi Koperasi dan UMKM

Lahan kosong yang berada di Jalan Ir. H. Alala, Kendari yang dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk membuka lapak dagang. Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM saat ini tengah menggodok petunjuk teknis program stimulus bagi UMKM terdampak Covid-19.

KENDARIPOS.CO.ID — Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta Koperasi termasuk entitas yang sangat terpengaruh secara negatif oleh pandemik Covid-19. Oleh karena itu, pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menyiapkan stimulan guna meringankan beban pelaku kedua sektor tersebut.

“Pemerintah pusat dan daerah yang menangani pembinaan UMKM dan koperasi sesuai kewenangan masing-masing berupaya agar pelaku sektor UMKM dan koperasi dapat diringankan bebannya dalam menghadapi situasi saat ini. Kementerian Koperasi dan UKM telah mengeluarkan beberapa kebijakan terkait hal tersebut. Petunjuk teknisnya masih digodok untuk penerapan di lapangan,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulawesi Tenggara (Sultra), Hery Alamsyah kepada Kendari Pos, Senin (6/4).

Ia menyebut, kebijakan yang dimaksud meliputi restrukturisasi kredit, subsidi bunga, dan bantuan pinjaman lunak, bantuan langsung tunai, serta stimulus daya beli produk UMKM. Kebijakan tersebut selanjutnya diuraikan dalam sejumlah program yang meliputi stimulus peningkatan daya beli, belanja di warung sekitar, restrukturisasi dan subsidi suku bunga kredit usaha mikro, restrukturisasi kredit untuk koperasi melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB), Kartu Pra Kerja, bantuan langsung tunai Usaha Ultra Mikro dan Mikro, serta relaksasi pajak.

Program stimulus peningkatan daya beli memuat sejumlah poin penting yakni, pemberian dana oleh pemerintah sebagai potongan harga hingga 25 persen untuk pembelian secara online, pemberian voucher diskon Rp 1 juta untuk dua juta orang yang mendaftar platform e-commerce, serta menyiapkan voucher senilai Rp 2 triliun untuk mendorong transaksi minimal Rp 10 triliun produk dan maksimal 200 ribu UKM yang mempekerjakan satu juta pekerja.

Adapun program belanja di warung sekitar yaitu dengan memanfaatkan data warung yang terhubung dengan e-commerce, menjalin kemitraan dengan sembilan klaster pangan BUMN, serta memanfaatkan exposure dan influencer muda untuk mendorong masyarakat berbelanja di warung. “Mengenai restrukturisasi kredit, akan diberikan pilihan restrukturisasi melalui perbankan dan leasing kepada usaha mikro untuk menjaga kreditnya menjadi lancar,” imbuhnya.

Selanjutnya, restrukturisasi kredit koperasi melalui LPDB artinya, memberikan restrukturisasi dan subsidi bunga kredit kepada koperasi terdampak Covid-19 serta bantuan likuiditas dengan bunga ringan dan mekanisme yang mudah. Usaha mikro dan ultra mikro terdampak akan diberikan akan diberikan bantuan tunai sebagai pengganti penghasilan dari usahanya yang terdampak.

Sementara itu, relaksasi pajak yang akan diberlakukan meliputi relaksasi Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21, PPh Pasal 22 (impor), PPh Pasal 25, dan relaksasi restitusi Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Hery menuturkan, sambil menunggu petunjuk teknis program tersebut, pihaknya telah melakukan langkah-langkah antara lain menginstruksikan secepatnya pendataan UMKM dan koperasi melalui dinas kabupaten/kota dan PPKL untuk kepentingan program bantuan pusat, menginstruksikan koperasi untuk menunda Rapat Anggota Tahunan (RAT) sampai situasi normal kembali, dan mengusulkan kepada gubernur untuk bersurat kepada bupati/wali kota agar menunda penagihan retribusi bagi UMKM berdasarkan Perda dan Perkada.

“Soal berapa total UMKM terdampak, kami masih menunggu data masuk dari kabupaten/kota dan PPKL. Kami tetap melakukan pendampingan jarak jauh kepada koperasi dan UMKM terkait kebijakan stimulus pemerintah,” pungkasnya. (b/uli)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy