Pemdes Siomanuru Aktifkan Siskamling – Kendari Pos
Buton

Pemdes Siomanuru Aktifkan Siskamling

Warga Siomanuru bergotong royong memindahkan salah satu pos ronda. Penerapan Siskamling dilakukan untuk menjaga lingkungan desa agar tetap aman.

KENDARIPOS.CO.ID — Sistem keamanan lingkungan (Siskamling) dengan pengadaan pos ronda, telah akrab di kalangan masyarakat desa hingga kini. Di Desa Siomanuru, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Siskamling masih terus diterapkan.

Jika dulu warga desa secara bergantian melakukan patroli keamanan, saat ini sudah dibebankan pada petugas tetap.

Pemerintah Desa Siomanuru memilih 14 Pertahanan Sipil (Hansip). Mereka aktif menjaga keamanan desa di malam hari. Setiap malam akan ada dua orang yang berjaga di pos ronda. “Tapi biasanya ramai juga karena ada warga yang bergabung. Nanti jam-jam tertentu mereka ronda keliling,” ungkap Prayoto, Kades Siomanuru, kemarin.

Prayoto menambahkan 14 orang Hansip itu diberikan insentif dari dana desa. Totalnya Rp 33.600.000 dalam setahun untuk 14 orang. Dia mengakui jika pemberian honor itu tidak sebanding dengan pengorbanan mereka untuk tak tidur dalam semalam penuh. Tetapi sejauh ini tidak ada yang mengeluh dengan honor terbatas itu.

“Alhamdulilah mereka menerima, karena itu untuk keamanan bersama. Total Rp 33 juta itu sudah lumayanlah. Karena yang kami danai juga banyak. Termasuk kegiatan ibu-ibu Majelis Taklim juga kami anggarkan. Begitu pula dengan insentif guru mengaji,” tambahnya. (c/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy