Pemdes Andoolo Bentuk Tim Relawan – Kendari Pos
Konawe Selatan

Pemdes Andoolo Bentuk Tim Relawan

Tim Relawan Desa Andoolo yang bekerja langsung ke masyarakat. Mereka melakukan penyemprotan disinfektan pada sejumlah titik fasilitas umum dan lingkungan warga.

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Desa (Pemdes) Andoolo, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) ikut ambil bagian dalam penanganan dan upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di daerah tersebut. Itu dibuktikan dengan pembentukan Tim Relawan Desa sebagai satuan tugas yang berkerja langsung ke masyarakat.

Kepala Desa (Kades) Andoolo, Zainal Silondae, menjelaskan, relawan ini dibentuk sesuai surat edaran bupati nomor 180/389 tahun 2020 tentang desa tanggap covid-19 dan penegasan padat karya tunai desa. Sejumlah anggaran dana desa (DD) akan dialokasikan untuk pencegahan wabah mematikan itu. “Olehnya itu, APBDes yang telah direncanakan tentunya akan mengalami perubahan. Sebab waktu perencanaan APBDes belum ada penyebaran virus ini,” kata Zainal saat rapat bersama warganya, kemarin.

Relawan yang dibentuk itu melibatkan aparat TNI-Polri dan tim medis serta sejumlah perangkat dan masyarakat Desa Andoolo. “Relawan ini akan membantu pemerintah dan juga sebagai tenaga dalam melakukan penyemprotan disinfektan pada sejumlah titik fasilitas umum dan lingkungan warga,” sambungnya. Tim Relawan juga akan melakukan sosialisasi, memasang baliho tentang imbauan penerapan pola hidup bersih dan sehat.

“Mengindentifikasi fasilitas desa untuk jadi ruang isolasi, menyemprot disinfektan dan menyiapkan cairan pembersih tangan di tempat umum seperti balai desa dan menyediakan alat kesehatan untuk deteksi dini, perlindungan, serta pencegahan wabah dan penularan virus,” terangnya.

Pemdes Andoolo menggolontorkan dana sebesar Rp 20 juta. “Dana itu nantinya akan digunakan untuk membeli ADP serta alat dan bahan disinfektan. Langka awal kita akan sosialisasi menggunakan pengeras suara bersama aparat desa dan Bhabinkantibmas dan Babinsa Andoolo,” tutupnya. (c/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy