Pembelian APD, Insentif Tim Medis dan Bansos, Pemprov Sultra Siapkan Rp 300 Miliar – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Pembelian APD, Insentif Tim Medis dan Bansos, Pemprov Sultra Siapkan Rp 300 Miliar


KENDARIPOS.CO.ID — Pemprov dan DPRD Sultra berada dalam frame berpikir yang sama dalam pencegahan penyebaran virus Korona (Covid-19). Dua penyelenggara pemerintahan dilevel provinsi itu sepakat akan menyiapkan anggaran miliaran rupiah. Nantinya, duit rakyat itu akan dialokasikan untuk mencegah penyebaran virus korona di Sultra.

Setelah mengidentifikasi ketersediaan anggaran, DPRD dan Pemprov Sultra melihat ada sekira Rp 300 miliar dapat digunakan. Ketua DPRD Provinsi Sultra, Abdurrahman Shaleh mengungkapkan anggaran Rp 300 miliar dapat digunakan untuk pemenuhan alat kesehatan seperti alat pelindung diri (APD), insentif tenaga medis dan sarana penunjang lainnya. “Anggaran itu juga nantinya untuk pemberian bantuan sosial (bansos) seperti bahan pangan kepada masyarakat,” ujarnya
saat ditemui kepada Kendari Pos di kantor DPRD Provinsi Sultra, Rabu (1/4) kemarin.

Porsi anggaran tidak mesti dipakai habis untuk pencegahan penyebaran virus korona. “Pada prinsipnya alokasi anggaran itu disesuaikan dengan rencana dan pemetaan kebutuhan dalam hal percepatan penanganan wabah virus korona di Sultra,” ungkap Abdurrahman Shaleh.

Pemprov Sultra tidak dapat berjalan sendiri menangani virus korona. Pemerintah Kabupaten dan kota mesti bersinergi dengan Pemprov. Sinergisitas yang terbangun dalam hal pemenuhan kebutuhan bahan pangan masyarakat yang terdampak dari virus korona.
“Misalnya kebutuhan beras disalurkan Pemprov Sultra, maka pemenuhan kebutuhan bahan pangan lainnya seperti gula dan minyak menjadi tugas Pemkab atau Pemkot,” jelas Ketua DPRD Sultra dua periode itu.

Sementara itu, Pj Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sultra, La Ode Ahmad P Bolombo memastikan Pemprov telah mengidentifikasi kemampuan keuangan. Termasuk ketersediaan anggaran dana tak terduga dan anggaran DAU di setiap organisasi perangkat daerah (OPD). Begitu pula dengan ketersediaan anggaran PAD meski jumlahnya terbatas.

“Pada prinsipnya Pemprov Sultra sangat mendukung membiayai pencegahan virus korona di Sultra. Tapi kita harus mengklaster, mana domain Provinsi dan mana domain kabupaten/kota. Sebab, meski pemerintah pusat membebaskan pengalokasian anggaran namun tidak bisa semua dilaksanakan Pemprov. Sehingga harus ada sinergi dengan kabupaten/kota,” ujar Ahmad P Bolombo

Ahmad P Bolombo menegaskan anggaran Rp 300 itu merupakan prediksi anggaran yang bisa disiapkan. “Namun sekali lagi, kita juga harus melihat kebutuhan dan sumber potensi keuangan kita. Selain dana itu, kita juga bisa melihat ketersediaan dana silpa atau uang kas sekira Rp 69 miliar. Dan itu sangat bisa digunakan untuk penanganan wabah korona,” paparnya. (yog/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy