Pemantauan Hilal Awal Ramadan Dipusatkan di Kolaka – Kendari Pos
Metro Kendari

Pemantauan Hilal Awal Ramadan Dipusatkan di Kolaka

Ramadan

KENDARIPOS.CO.ID — Bulan Ramadan tinggal menghitung hari. Jelang bulan penuh berkah ini, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sultra mulai mempersiapkan lokasi pengamatan hilal awal Ramadan 2020. Rencananya, pemantuan hilal akan dilakukan di Pantai Wolulu, Kecamatan Watubangga, Kolaka.

Kepala Seksi Hisab Rukyat, Kanwil Kemenag Sultra, Abdul Rauf menjelaskan, rakyatul hilal awal Ramadan akan dilaksanakan, pada Kamis, 23 April 2020. Atau bertepatan dengan 29 Syahban 1441 Hijriyah. Rakyatul hilal awal Ramadan akan diikuti oleh tim ahli hisab rakyatul provinsi Sultra bersama pihak Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Tapi pemantauan hilal akan dilakukan secara terbatas, mungkin hanya sekitar 5 orang ahli saja. Karenakan ada surat edarat untuk menghindari perkumpulan. Jadi mungkin yang hadir hanya mereka yang khusus teropong dan bagian komputer pengamat theodolit,” terang Abdul Rauf saat ditemui awak media di ruang kerjanya (7/4).

Hasil dari pengamatan rukyatul hilal akan dilaporkan ke Kemenag RI, sebagai bahan sidang isbat atau sidang awal penentuan bulan Ramadan. “Jadi seperti tahun-tahun sebelumnya, hasil dari pengamatan hilal ini akan menjadi laporan ke Kemenag RI. Sebagai salah satu bahan dalam sidang isbat nanti,”ungkapnya

Untuk diketahui, rakyatul hilal merupakah salah satu metode menentukan awal bulan Ramadan. Untuk tahun ini terdapat 102 titik pengamatan hilal yang telah ditentukan oleh Kemenag Indonesia. Salah satunya yakni di Kabupaten Kolaka, Sultra. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy