Pejabat Eselon Pemkab Konawe Harus Tetap Berkantor – Kendari Pos
Konawe

Pejabat Eselon Pemkab Konawe Harus Tetap Berkantor

Ferdinand Sapan


KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) telah menerbitkan surat edaran (SE) nomor 19 tahun 2020 tentang penyesuaian sistem kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam upaya pencegahan Covid-19 di lingkungan instansi pemerintah. Selain untuk meminimalisir penyebaran virus, juga tetap memastikan target-target dari pemerintah tetap dilaksanakan dan memastikan pelayanan publik berjalan.

Di Konawe, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) telah menerapkan instruksi tersebut dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona. Salah satu poin dalam surat edaran itu, yakni ASN dibolehkan untuk bekerja di rumah. Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe, Ferdinand Sapan, mengatakan, Pemkab juga telah mengeluarkan surat edaran bupati terkait sistem jam kerja bagi ASN selama wabah Covid-19.

“Surat edaran (Bupati Konawe) itu keluar dua minggu lalu. Dalam surat edaran tersebut, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), eselon III dan eselon IV tetap diimbau untuk bekerja di kantor masing-masing. Itupun didasarkan beban kerja yang harus diselesaikan. Kalau sudah selesai, mereka lebih efektif berada di rumah. Begitu pula dengan staf. Kalau ada pekerjaan, sistemnya gilir. Tapi kalau tidak ada atau sudah selesai, tidak perlu masuk kantor,” beber Ferdinand, kemarin.

Mantan Kepala BPKAD Konawe itu menyebut, terkait dengan pengawasan disiplin bagi ASN yang bekerja di rumah, aturan-aturan tetap berlaku untuk ASN secara keseluruhan. Peraturan Pemerintah (PP) nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin ASN, katanya, tetap berlaku bagi pemegang nomor induk kepegawaian (NIP) di Konawe. Sebab, mereka masih dalam koridor bekerja, meskipun tidak masuk kantor.

“Jangka waktunya menyesuaikan perkembangan wabah Covid-19. Status tanggap darurat ini kan sampai tanggal 29 Mei 2020. Kita menyesuaikan tanggal itu saja. Kalau kasus Covid-19 ini menurun, kita percepat ASN di Konawe untuk segera berkantor seperti sediakala,” tandas Ferdinand. (c/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy