Peduli Tunawisma, Mayjen Andi Sumangerukka Siapkan 300 Tempat Tinggal Sementara – Kendari Pos
Nasional

Peduli Tunawisma, Mayjen Andi Sumangerukka Siapkan 300 Tempat Tinggal Sementara

Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjend TNI Andi Sumangerukka saat bertatap muka dengan tunaswisma, pengemis dan tukang becak. Selain memberikan pemahaman tentang penyebaran Covid-19, mantan Danrem 143 Halu Oleo Kendari itu berbagi sembako dan menyediakan tempat tinggal sementara.


KENDARIPOS.CO.ID — Sense of human seorang Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Andi Sumangerukka bergetar kala tahu ratusan tunawisma tak terurus di Kota Makassar. Panglima Kodam XIV Hasanuddin itu bergegas bergerak menyiapkan 300 tempat sementara. 300 gelandangan, pengemis dan tukang becak yang kini menjadi tunawisma akibat terdampak pandemi virus korona (Covid-19).

Kondisi itu kian terasa berat bagi tunawisma setelah Kota Makassar memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak 24 April lalu, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Panglima Kodam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka tak sungkan turun langsung menemui mereka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sembari memberikan pemahaman akan penyebaran Covid-19 ini.

Mayjen TNI Andi Sumangerukka mengatakan sejak pemberlakuan PSBB di Makassar, para tunawisma, pengemis dan tukang becak terus melakukan aktivitas dijalan-jalan. Olehnya itu Kodam XIV Hasanuddin melakukan pendataan. “Tak hanya dilakukan pendataan, mereka juga kami siapkan 300 tempat penampungan untuk para tunawisma. Dengan tujuan melindungi mereka dari paparan Covid-19 yang sedang mewabah di Sulsel ini,” kata jenderal bintang dua itu saat dihubungi Kendari Pos, Selasa (28/4).

Mantan Danrem 143 Halu Oleo Kendari menambahkan penyediaan tempat tinggal sementara para tunawisma tersebut dilakukan untuk memudahkan pihak Kodam untuk memberikan sembako kepada mereka yang sangat terdampak Covid-19. Lokasi yang dipilih berdekatan dengan posko Covid-19 Provinsi Sulawesi Selatan. “Nantinya para tunawisma yang sehari-harinya masih beraktivitas di jalan akan ditampung dan diberi makan setiap harinya,” tuturnya.

Bagi mereka yang tidak ingin menempati lokasi penampungan akan di data dan diberikan bantuan sembako. Selain memberikan bantuan sembako dan tempat tinggal sementara, mantan Kepala BIN Daerah Sultra itu memberikan pengetahuan kepada para tunawiswa, tukang becak dan bentor untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Dia mengingatkan agar masker selalu dikenakan ketika beraktivitas di luar rumah.“Diharapkan mereka tetap menjaga phisycal distancing,” tambah Mayjen TNI Andi Sumangerukka.

Sementara itu perwakilan tukang bentor, Halim mengucapkan rasa terimakasih kepada Panglima Kodam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka yang telah turun langsung bertatap muka dengan warga yang lebih banyak beraktivitas di jalanan. “Saya mewakili teman-teman semua mengucapkan terimakasih kepada bapak Pangdam,” ujarnya. (kmr/pendam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy