PDIP Dorong Program Padat Karya – Kendari Pos
Politik

PDIP Dorong Program Padat Karya

KENDARIPOS.CO.ID — Pandemi Covid-19 berimbas pada kondisi perekonomian semua lapisan. Tidak sedikit perusahaan yang tumbang dan berujung pada Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawannya. Para pekerja di sektor informal juga harus merasakan dampak buruknya. Mereka kini hanya bisa bertahan tanpa ada penghasilan.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sudah memerintahkan kepada seluruh kader, khususnya yang menjadi kepala daerah dan pimpinan dewan, untuk menyiapkan langkah menghadapi ancaman gelombang PHK besar-besaran akibat Covid-19.

Selain hal itu, Hasto mengatakan, para kepala daerah dari PDIP harus bisa merelokasi anggaran dan mendorong program padat karya namun dengan tetap memenuhi seluruh ketentuan protokol kesehatan guna mencegah penularan corona. Ia mengatakan ancaman gelombang PHK akibat Covid-19 harus diantisipasi. Karena Organisasi Perburuhan Internasional atau ILO, memperkirakan 1,25 miliar orang pekerja di dunia terdampak parah corona dan dibayangi ancaman PHK.

“Kami berharap krisis Covid-19 ini tidak meluas. Tapi kami antisipasi jika sampai terjadi gelombang PHK,” kata Hasto. Hasto juga mengapresiasi langkah-langkah kader PDIP di daerah yang aktif menyosialisasikan pencegahan penyebaran virus, menyediakan alat pendukung kesehatan gratis, mempekerjakan korban PHK membuat masker untuk rakyat, hingga mendirikan dapur umum dan membagikan makanan gratis.

Bahkan kader PDIP yang menjabat Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengubah rumah dinasnya menjadi ruang isolasi untuk mengatasi Korona. “Sesuai perintah Ibu Megawati untuk mengutamakan kepentingan rakyat, kepala daerah yang kami usung menyediakan jaring pengaman untuk rakyat yang penghasilannya berkurang akibat wabah ini,” ungkap Hasto.

Berdasarkan analisa IMF serta Bank Dunia, krisis Covid-19 ini adalah pukulan telak untuk pertumbuhan ekonomi dunia. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan sudah menyampaikan bahwa target pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun ini tidak akan tercapai karena dilanda Covid-19.

“Sejarah mencatat kita bisa melalui banyak ujian berat. Ujian kali ini bisa kita lalui dengan gotong royong, semangat berdikari, saling membantu rakyat yang kesulitan,” pungkasnya. (JP)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy