Panen Padi di Konawe Diproyeksi Capai 200 Ribu Ton – Kendari Pos
Konawe

Panen Padi di Konawe Diproyeksi Capai 200 Ribu Ton

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (kiri) ketika menghadiri kegiatan panen raya padi di Kecamatan Tongauna Utara, beberapa waktu lalu.


KENDARIPOS.CO.ID — Persediaan beras di Kabupaten Konawe begitu melimpah. Meski daerah itu dilanda wabah Covid-19, produksi beras dipastikan tetap surplus dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat hingga beberapa bulan kedepan. Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa bahkan memproyeksi, stok beras di wilayahnya bisa menyuplai permintaan dari kabupaten/kota se-Sultra meskipun masa pandemi belum berakhir.

“Saya sudah laporkan ke Gubernur Sultra, Ali Mazi. Persediaan beras kita masih cukup. Bahkan, kalau daerah lain butuh, kita siap untuk menyuplainya,” ujar Kery Saiful Konggoasa, kemarin. Mantan Ketua DPRD Konawe itu menjelaskan, di bulan April hingga Mei nanti, daerahnya akan memasuki masa panen padi. Para petani di basis-basis persawahan seperti di Kecamatan Uepai, Lambuya, Tongauna dan beberapa wilayah lainnya siap untuk menggelar panen raya.

Panen tersebut akan kembali menambah ketersediaan beras yang ada di Konawe. “Satu tahun ini saya target kita bisa panen 100-200 ribu ton padi,” beber Kery. Terlepas dari jaminan pemenuhan stok pangan dari Konawe, Kery menyebut di masa pandemi Covid-19 ini, instrumen kesehatan di wilayahnya masih perlu dimaksimalkan dalam menangani penyebaran virus. Ia mengaku, beberapa proteksi medis dalam menangkal wabah Covid 19 seperti alat pelindung diri (APD), rapid test dan cairan desinfektan masih perlu ditambah. Makanya, lanjut Kery, Pemkab Konawe juga tengah mengupayakan bantuan Pemerintah Pusat melalui pemprov Sultra untuk memberikan peralatan dimaksud. (b/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy