PAN Belum Tetapkan Figur di Pilkada Wakatobi – Kendari Pos
Politik

PAN Belum Tetapkan Figur di Pilkada Wakatobi

Ketua DPD II PAN Wakatobi, Suwandi Andi

KENDARIPOS.CO.ID — Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Wakatobi hingga kini belum menetapkan figur yang akan diusung pada Pilkada Wakatobi 2020. Sebab masih menunggu
keputusan dari dewan pimpinan pusat (DPP).

Ketua DPD II PAN Wakatobi, Suwandi Andi mengungkapkan, ada lima kandidat yang saat ini mendaftar ke PAN untuk mendapat dukungan. Mereka itu adalah Bupati Wakatobi Arhawi, mantan Ketua PDIP Wakatobi Haliana berpasangan Ilmiati Daud, Wa Ode Nurhayati, dan Rasyid.

Meski lima yang mendaftar, namun yang mengikuti tahapan proses diinternal partai hanya Wa Ode Nurhayati dan Haliana.

Menurutnya, PAN akan terbuka kepada semua calon kepala daerah. “Semua kandidat yang mendaftar di partai punya peluang yang sama untuk diusung,” kata Suwandi, Jumat (10/04/2020)

Dia menuturkan PAN saat ini masih melihat peluang yang
ada di pilkada Wakatobi. Nanti, kata Suwandi, PAN
akan mengeluarkan dukungan kepada kandidat yang dianggap punya potensi memenangkan pertarungan.

Dia tidak memungkiri konstelasi politik di Wakatobi sedang menghangat. Bupati Wakatobi Arhawi dikabarkan akan diusung oleh Golkar yang mempunyai sembilan kursi. Sementara Haliana sudah mendapat rekomendasi NasDem yang mempunyai tiga kursi. “Dengan kondisi yang ada saat ini, kemungkinan besar di Wakatobi akan terjadi pertarungan ulang antara Arhawi dan Haliana,” tuturnya.

Bagi Suwandi, kedua kandidat itu punya peluang memenangkan pertarungan. Hanya saja, PAN akan tetap realistis dalam menentukan calon yang diusung. “Karena jujur, kami akan mendukung kandidat yang punya peluang menang. Terkait siapa, nanti partai yang tentukan,” ungkapnya.

Selain melihat peluang menang, PAN juga akan menelaah rekam jejak kandidat seperti pengalaman organisasi, pengalaman di pemerintahan, dan pengalaman kaderisasi. “Jadi kami akan realisitis dalam menentukan dukungan. Tidak hanya sekadar mendukung calon tetapi kami akan lihat pengalamannya,” pungkasnya. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy