PAD Pasar Sentral di Wakatobi Minim, Lokasi Lain Dimanfaatkan – Kendari Pos
Wakatobi

PAD Pasar Sentral di Wakatobi Minim, Lokasi Lain Dimanfaatkan


KENDARIPOS.CO.ID — Setelah mengalami kebakaran pada tahun 2018 lalu yang menghanguskan ratusan lods, aktivitas para pedagang di Pasar Sentral Wangiwangi menurun secara otomatis. Akibatnya, penerimaan retribusi juga mengalami penurunan cukup signifikan. Apalagi Pasar Sentral tersebut menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD) terbesar bagi Dinas Perindustrian dan Perdaganagn (Disperindag) Wakatobi.

Meski begitu, tahun 2019 lalu, Disperindag Wakatobi tetap dapat mencapai target PAD. Untuk menyeimbangi kurangnya pendapatan dari Pasar Sentral, instansi tersebut mulai memaksimalkan Pasar Baru dan sentra perkulakan lainnya yang ada di Wakatobi. Kepala Disperindag Wakatobi, Safiuddin, menuturkan, pada tahun 2018 lalu, target awal PAD sebesar Rp 177 juta. Memasuki pembahasan perubahan, target ini dinaikan menjadi Rp 215 juta.

“Alhamdulilah tahun 2018 itu kita melebihi target. Pencapaian kita sebesar Rp 259 juta. Sementara tahun 2019 lalu, target sebesar Rp 203 yang kita capai Rp 225 juta,” rincinya, kemarin. Safiuddin menyebut, target itu memang menurun. Hal ini dipengaruhi dengan kondisi Pasar Sentral yang belum maksimal. Setidaknya, pasar-pasar lain masih berjalan normal. Dan mulai tahun 2020 ini, Pasar di Desa Patuno telah dipungut retribusi.

“Jadi kami fungsikan yang lainnya. Ini untuk menyeimbangi kurangnya pendapatan di Pasar Sentral. Pasar di Patuno kami amati cukup bagus, retribusinya juga lancar. Dan di Tomia juga kami akan maksimalkan lagi,” bebernya. Safiuddin berharap pandemi Covid-19 bisa segera tertangani. Pasalnya, Pasar Sentral II yang dibangun di atas lahan pasar lama bisa segera difungsikan. Mengingat, hingga saat ini penyerahan kunci ke para pedagang sementara waktu ditunda. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy