Orang Tua Harus Awasi Anak Belajar – Kendari Pos
Aneka

Orang Tua Harus Awasi Anak Belajar

Lapeha


KENDARIPOS.CO.ID — Kebijakan pemerintah yang mengharuskan peserta didik melakukan proses belajar di rumah, dalam pencegahan Covid-19, sangat berbanding terbalik dengan efektifitas belajar. Olehnya itu, peran orang tua murid dalam melakukan pengawasan sang anak di rumah dalam kegiatan belajar sangatlah diharapkan. Agar efektivitas belajar peserta didik dapat terealisasi dengan baik.

“Yang diharapkan adalah peran orang tua dalam melakukan kontrol dan pengawasan pada sang anak. Sebelum mereka bermain harus diawasi dulu untuk belajar,”ujar Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Konut, Lapeha, kemarin. Bagi sekolah dan guru, juga diberikan tanggung jawab untuk tetap memberikan kontrol pada peserta didik. Dikbud telah menginstruksikan pada sekolah dan guru untuk memberikan buku mata pelajaran bagi siswa sebagai panduan.

“Kalau bicara efektivitas atau tidak, belum bisa kita ukur. Karena dari sisi program pasti sudah berbeda, proses belajar mengajar dengan tatap muka dengan tidak pastinya ada perbedaan. Namun untuk mengukur keberhasilan itu bisa dilihat dari tingkat indeks prestasi. Apakah menurun atau tidak dengan adanya Covid-19,” urainya.

Sehingga mantan Sekdis Pendidikan dan Kebudayaan menyarankan pada orang tua murid untuk melakukan kontrol terhadap sang anak di rumah. Agar kebijakan belajar di rumah dapat berjalan dengan baik. Lapeha menambahkan kebijakan belajar dirumah bagi siswa akan berakhir pada 27 April 2020. Namun, kebijakan itu sifatnya kondisional ditengah upaya pencegahan Covid-19.

“Untuk sementara waktu masih berpegang pada surat edaran bupati sampai tanggal 27 April. Kalau memang belum terkendali, maka akan diperpanjang. Jadi semua dikondisionalkan,” pungkasnya. (c/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy