Mudahkan Mahasiswa, UHO Terapkan Ujian Online – Kendari Pos
Edukasi

Mudahkan Mahasiswa, UHO Terapkan Ujian Online

Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, M.Si., M.Sc., saat memindahkan tali toga pada salah satu wisudawan UHO, beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Menyikapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) pada sejumlah daerah di Indonesia, mengharuskan pimpinan perguruan tinggi mengeluarkan kebijakan terkait mekanisme pembelajaran secara online atau Dalam Jaringan (Daring). Bukan hanya proses perkuliahan saja yang berubah, namun juga pada kegiatan akademik khususnya bagi mahasiswa tingkat akhir, seperti pelaksanaan ujian komprehensif, seminar proposal, dan sidang skripsi yang secara langsung menghambat jalanya mahasiswa untuk memperoleh gelar sarjananya.

Di Universitas Halu Oleo (UHO) yang dipimpin Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu ini pun mengeluarkan kebijakan untuk mempermudah mahasiswa yang akan melaksanakan seminar baik Proposal, Hasil, Skripsi maupun Tesis yang bisa dilakukan secara online atau Daring. Wakil Rektor (WR) I UHO, Dr La Hamimu mengatakan, kebijakan itu diambil setelah menindaklanjuti surat edaran Rektor UHO Prof Muhammad Zamrun F, Nomor 02/UN29/RT/2020 dan Nomor 03/UN29/RT/2020, serta mengamati dinamika perkembangan wabah Coronavirus Disaise (Covid-19).

Menurut La Hamimu, kebijakan tersebut sudah bisa ditindaklanjuti dekan, Direktur Program Pascasarjana (PPs), Program Pendidikan Vokasi (PPV), Ketua Jurusan (Kajur) dan Koordinator Program Studi (Prodi) dalam lingkungan UHO. “Kebijakan ini untuk menjamin keberlanjutan proses akademik dalam menyelesaikan skripsi, tesis. Pihak Prodi dapat menyelenggarakan seminar proposal, hasil, skripsi, dan tesis secara online” ujarnya, Kamis (2/4).

Ia menuturkan, mahasiswa yang akan seminar online atau ujian didampingi oleh Kajur atau Koordinator Prodi. Sedangkan, dosen penguji dapat menjalankan tugas sebagai dosen penguji dari rumah (work from home). Selain itu, sambungnya, Prodi dapat memanfaatkan aplikasi video conference yang sesuai dan familiar digunakan dengan ketentuan tetap menjaga etika profesionalitas dan kualitas pelaksanaan ujian.

“Bagi mahasiswa yang secara teknis berkendala nilai TOEFL dan sebelumnya telah mendaftar untuk mengikuti TOEFL pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa UHO, mereka dapat mengikuti ujian skripsi atau tesis online, dengan menyertakan nilai TOELF yang ada atau dilampirkan kemudian setelah mengikuti TOEFL pada saat kegiatan akademik di kampus normal kembali. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy