Momentum Membantu Sesama, Oleh: H. Sulkarnain Kadir – Kendari Pos
Kolom

Momentum Membantu Sesama, Oleh: H. Sulkarnain Kadir

H. Sulkarnain Kadir

KENDARIPOS.CO.ID — Dua pekan lebih aktivitas di Kota Kendari dalam balutan gelimun (selubung) yang tidak biasa. ASN bekerja dari rumah, aktivitas warga terbatas. Keluar rumah jika mengurus keperluan mendesak. Semua aktivitas kita lakukan di rumah.

Situasi ini tentu saja berpengaruh secara langsung terhadap pemenuhan kebutuhan pangan. Bagi masyarakat berpenghasilan tetap dan tergolong mampu bisa jadi imbauan social distancing dan work from home mungkin tak masalah. Namun bagi mereka yang bekerja di sektor informal, yang menggantungkan hidup dari pendapatan harian, wabah virus korona ini menjadi problem tersendiri. Pada sisi lain, problem itu tak mesti mereka pikul sendiri. Namun harus menjadi problem bersama, yakni pemerintah dan kita semua (warga Sultra).

Saya sangat haru melihat tangis mereka pecah saat menerima bantuan bahan pangan yang tidak seberapa banyaknya dari Pemkot Kendari. Sejurus kemudian, secercah harapan baru begitu jelas terpancar saat melihat kehadiran kami (pemerintah) di tengah-tengah mereka.

Ada semacam setangkup harapan yang dititipkan kepada pemerintah dan tim gugus tugas percepatan penanganan dan pencegahan Covid-19 Kota Kendari. Harapan agar mereka segera keluar dari wabah korona. Muaranya jelas, tentu kelak dapat beraktivitas kembali dalam situasi normal demi pemenuhan kebutuhan hidup. Sebuah harapan yang tidak muluk-muluk. Sederhana namun mengandung arti mendalam. Tentu harapan itu kini beralih di pundak pemerintah untuk segera direalisasikan.

Masyarakat yang terdampak tidak sedikit. Ada 5,9 persen atau sekira 6.948 Kepala Keluarga (KK) dari jumalah penduduk kita membutuhkan bantuan. Bukan hanya itu, berdasarkan hasil diskusi dengan para pakar ekonomi yang menyebutkan bahwa, jika bencana terjadi, masyarakat yng membutuhkan bantuan bisa menjadi dua kali lipat. Itu artinya ada sekitar 14 ribu-15 ribu KK yang membutuhkan uluran tangan.

Memang ada dana kontingensi. Pemerintah pusat sudah memberi lampu hijau perihal penggunaan anggaran untuk penanganan Covid-19. Meski begitu, kita tidak boleh merasa aman. Sebab, kita tidak tahu kapan pandemi virus ini akan berakhir. Oleh karena itu, saya tak hentinya mengimbau masyarakat untuk bergotong royong, bahu membahu saling membantu. Ini momentum yang tepat untuk membantu sesama sekaligus memerangi Covid-19.

Tahap pertama, pemkot sudah menyalurkan sekira 3 ribu paket bahan pokok gratis kepada masyarakat. Ke depan, kami akan menyalurkannya lagi. Jumlahnya tidak sedikit. Ada sekira 10 ribu paket yang kami pesan di Bulog Sultra.

Bantuan tersebut setidaknya bisa mengurangi beban hidup mereka, terutama kebutuhan dasar seperti beras. Selagi kami mampu, kami akan terus membantu sampai pandemi virus ini berlalu. Olehnya itu saya minta warga yang berkecukupan untuk membantu saudara-saudara kita yang ada disekitarnya. Jangan biarkan mereka kelaparan.

Masyarakat bisa melaporkan kepada RT, RW maupun lurah dan camat jika mengetahui keberadaan saudara kita yang susah. Kami siap 24 jam jika dibutuhkan.

Selain masyarakat tidak mampu, petugas medis sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19 ini tentu jadi prioritas. Anggaran dari pemerintah maupun uluran tangan dari masyarakat kami porsikan untuk penyediaan Alat Pelindung Diri (ADP) dan insentif bagi mereka (tenaga medis) yang bekerja dan bertaruh nyawa demi menyelamatkan bangsa ini.

Saya minta masyarakat mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19 ini. Tidak perlu keluar rumah kalau tidak ada urusan mendesak. Dengan begitu, peluang penyebaran virus ini tidak akan bertambah. Saya yakin dan percaya kita akan melewati masalah sulit ini dengan bergandengan dan bergotong royong. Kami berkomitmen penuh memastikan pemerintah dan seluruh elemen bangsa bersatu padu melawan Covid-19. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy