Manfaat Berpuasa untuk Kesehatan Jiwa – Kendari Pos
Kesehatan

Manfaat Berpuasa untuk Kesehatan Jiwa

KENDARIPOS.CO.ID — Ramadan kali ini cukup berbeda karena dilaksanakan di tengah Pandemi Covid-19. Tentunya memerlukan banyak penyesuaian. Bila dikaji lebih mendalam, inti dari puasa adalah pengendalian diri. Sehingga berpuasa erat kaitannya dengan kesehatan jiwa.

Psikiater RS Jiwa, dr.H.Marzoeki Mahdi dan RS Siloam Bogor dr. Lahargo Kembaren, SpKJ menjelaskan, orang yang sehat jiwanya adalah mereka yang mampu menguasai dan mengendalikan diri terhadap dorongan-dorongan yang datang. Baik dari dalam dirinya maupun yang datang dari luar. Jadi sebenarnya dengan melakukan puasa kita sedang melatih diri untuk mencapai kesehatan jiwa yang optimal.

“Dan kondisi kesehatan jiwa yang baik dapat meningkatkan imunitas tubuh melawan virus Korona,” tegas dr.H.Marzoeki Mahdi sebagaimana dilansir Jawa Pos Kesehatan, kemarin. Sementara menurut dr. Lahargo, setiap orang pasti akan menghadapi keadaan sulit yang tidak diharapkan pada setiap fase kehidupannya. Dengan kesehatan jiwa yang optimal maka orang tersebut akan mampu menghadapi keadaan sulit dan bisa tetap produktif baik dalam kehidupannya.

Tetapi apabila stres tersebut terlalu berat dan kemampuan mentalnya kurang, maka orang tersebut dapat mengalami gangguan jiwa. Seperti gangguan depresi, gangguan cemas dan gangguan psikotik. “Puasa merupakan suatu sarana untuk detoksifikasi jiwa. Karena dengan dengan melakukan puasa maka orang tersebut memiliki kekuatan ego yang besar untuk mengendalikan dirinya, kontrol diri menjadi lebih baik,” jelasnya.

Beberapa perilaku yang terbentuk pada masa-masa puasa seperti menahan diri untuk tidak marah (anger management), menahan diri untuk tidak merokok, menahan diri untuk tidak melakukan perilaku pornografi, adalah suatu hal yang baik. Perilaku-perilaku tersebut memberikan dampak negatif bagi kesehatan fisik dan jiwa. Maka puasa dapat dijadikan suatu momentum untuk benar-benar melakukan perubahan perilaku yang mendasar dan terus menerus.

“Diharapkan dengan terjadinya suatu perubahan perilaku negatif menjadi perilaku yang positif, kesehatan fisik dan jiwa lebih dapat ditingkatkan,” tuturnya. Kesimpulannya, puasa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan jiwa apalagi selama masa pandemi kali ini. (wan/jpg)

Manfaat Berpuasa untuk Kesehatan:
-Membuat tubuh menjadi lebih baik secara fisik dan mental.
-Membuat tubuh menjadi lebih muda dan segar
-Membersihkan badan dari berbagai toksin
-Menurunkan tekanan darah dan kadar lemak
-Lebih mampu mengendalikan hasrat seksual
-Membuat imunitas/kekebalan tubuh meningkat
-Mengendurkan ketegangan jiwa
-Menajamkan fungsi indrawi
-Memperoleh kemampuan mengendalikan diri sendiri
-Memperlambat proses penuaan

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy