Maksimalkan Penanggulangan Wabah, Pemkab Kolaka Alokasikan Rp 36 Miliar – Kendari Pos
Kolaka

Maksimalkan Penanggulangan Wabah, Pemkab Kolaka Alokasikan Rp 36 Miliar

Ahmad Safei


KENDARIPOS.CO.ID — Antisipasi terhadap penularan virus corona dilakukan maksimal oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka. Bahkan untuk mengoptimalkan pencegahan, pemkab menyediakan dukungan anggaran sebesar Rp 36 miliar. “Kami berharap dana itu tidak dibelanjakan semua. Sejumlah menteri dan Pemerintah Provinsi telah mengumumkan besaran anggaran yang akan diberikan terkait penanganan Covid-19. Tapi sampai hari ini bantuan itu belum ada,” ungkap Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei, kemarin.

Kolaka-1 ini mengungkapkan, anggaran Rp 36 miliar itu berasal dari berbagai sumber. “Rp 10 miliar dari realokasi perjalanan dinas semua PNS dan kami harapkan teman-teman di DPR juga mau dipotong perjalanan dinasnya, Rp 10 miliar dari ADD, Rp 5 miliar dari Silpa tahun 2019, Rp 5 miliar dari beberapa lembaga yang akan kami berikan penyertaan modal tapi akan ditunda dulu diantaranya BPD, PDAM, dan Bank Bahteramas. Sedangkan Rp 6 miliar lainnya yaitu program yang tidak strategis yang kami potong,” rincinya.

Kata Safei anggaran sebanyak itu akan difokuskan untuk tiga hal yaitu penyedian alat pelindung diri (APD) di Rumah Sakit dan segala kelengkapannya yang dibutuhkan, kerentanan sosial akibat dari wabah Covid-19, serta untuk tim yang melaksanakan tugas. “Kami sudah bentuk tim yang bertugas di lima pos yaitu di Bandara, pelabuhan dan tiga di perbatasan dengan kabupaten tetangga. Setiap Pokso ada sembilan orang yang bertugas dan diberi insentif satu hari yaitu uang makan.

“Jadi setiap jaga itu sembilan orang dan dilakukan dengan sistim shift setiap 8 jam. Sehingga sehari terdapat tiga shift. Jadi 9 kali 3 shift kali lima pos. Itulah jumlah orang yang setiap harinya akan diberikan uang makan Rp 100 per orang dan ini sudah berjalan beberapa hari,” tuturnya. Pasangan Muhammad Jayadin ini mengakui bahwa kerja tim yang berada di Posko cukup berat. Untuk itu, dirinya meminta seluruh masyarakat yang diperiksa tim di Pokso untuk koperatif. Sebab hal itu sudah ketentuan untuk mencegah penularan Covid-19 di Bumi Mekongga.

“Kasihan mereka yang tugas di Posko sudah mengorbankan segala. Olehnya itu marilah kita patuhi apa yang disampaikan oleh yang bertugas. Setiap melewati Posko itu orang harus diperiksa kesehatannya dan didata. Ini memang agak berat tapi harus kami lakukan daripada lebih menyesal kedepannnya,” imbuhnya. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy