Mahasiswa FHIL UHO Jalani Ujian Skripsi Online – Kendari Pos
Edukasi

Mahasiswa FHIL UHO Jalani Ujian Skripsi Online

uasana saat ujian skripsi online salah seorang mahasiswa FHIL UHO.

KENDARIPOS.CO.ID –Libur dari aktivititas perkuliahan di kampus sebagai upaya menekan penyebaran Virus Corona atau Covid-19, tak mempengaruhi aktivitas akademik mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO). Selama libur dari kampus, proses perkuliahan dilaksanakan secara online, termasuk proses ujian skiripsi mahasiswa sebagaimana yang dilaksanakan salah seorang mahasiswa Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) UHO beberapa waktu lalu.

Dekan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) UHO, Prof. Dr. Aminuddin Mane Kandari, menuturkan bahwa sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh pimpinan universitas, yang memperbolehkan mahasiswa tingkat akhir melaksanakan seminar hasil dan sidang skripsi secara online. FHIl menindak lanjuti surat edaran tersebut, dengan segera memfasilitasi mahasiswa yang telah mendaftar ujian seminar hasil maupun skripsi secara onlie.

“Sebelumya, terdapat kekhawatiran dari sejumlah mahasiswa dan para orangtua, setelah adanya kebijakan kampus yang meniadakan aktivitas perkuliahan selama proses sosial distancing yang diserukan oleh pemerintah,” ungkapnya pada Kendari Pos, Rabu (15/4).

Diakuinya, untuk mekanisme sidang skripsi, FHIL memberikan fasilitas kepada mahasiswa dengan menyediakan ruangan ujian sidang beserta fasilitas, seperti Wifi yang bisa digunakan oleh mahasiswa agar proses sidang skripsi bisa berjalan sukses dan tidak membebani mahasiswa. “Mahasiswa melakukan ujian di fakultas yang telah disediakan. Sementara untuk dosen pembimbing dan penguji masing-masing tetap berada dirumah,” katanya.

Meskipun ujian dilakukan secara online, tapi semua kegiatan ujian disesuaikan dengan aturan dan tata tertib sidang seperti sebelum adanya Covid-19. “Peserta ujian tetap diwajibkan mengenakan atribut lengkap seperti halnya menggunakan jas almamater dan dasi. Sedangkan para dosen pembimbing dan penguji tetap mengikuti pakaian yang ditetapkan universitas sesuai dengan hari pelaksanaan sidang, ” terangnya.

Sementara itu, salah satu mahasiswa yang bernama Irmawati, berhasil menyelesaikan sidang skripsinya secara online. Sebelumnya, tak pernah terbesit dipikiran gadis manis ini untuk menjalani sidang skripsinya secara online. “Tidak pernah terpikir sebelumnya harus sidang skripsi secara online. Ada kekhawatiran sebelum saya mengikuti sidang. Sebab, mekanisme sidang yang akan saya jalani tidak dilakuakn secara tatap muka, sehingga saya sedikit deg-degan,” katanya.

Mahasiswa Jurusan Kehutanan ini, menjalani sidang skripsinya di kampus dengan menggunakan fasilitas yang telah diberikan oleh pihak fakultas. Diakui dirinya, sebelum menjalani sidang skripsi, mahasiswa angkatan 2013 ini mengaku sempat khawatir karena lampu yang sempat padam. Sehingga, mengharuskan proses skripsinya sempat tertunda beberapa menit.
“Alhamdulillah skripsinya berjalan lancar, dengan menggunakan salah satu aplikasi Daring yakni aplikasi zoom. Meskipun sempat tertunda dikarenakan kendala teknis. Namun, dengan bantun fakultas dan jurusan semua berjalan lancar,” tuturnya.

Irma (sapaan akrabnya) mengaku menjalani sidang skripsi online memiliki suka duka. Katanya, dengan menjalani sidang skripsi secara online lebih efisien. Pasalnya, pihak fakultas memberikan kemudahan bagi mahasiswa tingkat akhir dalam menyelesaikan tugas akhir sebagai mahasiswa ini. “Saya senang sekali bisa menyelesaikan sidang skripsi saya secara online,” ucapnya.

Sementara itu, Albasri, M.Hut selaku pembimbing II Irma mengatakan, proses sidang skripsi ini berlangsung lancar dan sukses. “Prosesnya berjalan sesuai dengan SOP yang diberlakukan oleh fakultas. Intinya, universitas dalam hal ini memberikan kemudahan bagi seluruh mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhirnya, sebagai salah satu syarat wajib untuk mendapatkan gelar sarjana,” pungkasnya. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy