Lulusan SLB BF Mandara Kendari Siap Kerja – Kendari Pos
Edukasi

Lulusan SLB BF Mandara Kendari Siap Kerja

Salah satu siswa SLB B-F Mandara Kendari melakukan pantonim di depan seluruh peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Siswa berkebutuhan khusus yang tengah mengenyam pendidikan di Sekolah Luar Biasa (SLB) B-F Mandara Kendari, mengharapkan pengakuan dari masyarakat dan dunia industri terkait kemampuan dan keterampilan yang mereka miliki guna terserap didunia kerja.

“Potensi yang dimiliki dari anak-anak ini cukup baik. Dengan kemampuan yang dimilikinya mereka sudah sangat siap untuk terjun di dunia kerja, yang penting adalah kepercayaan dan peluang saat ini dibutuhkan oleh anak-anak yang berkebutuhan khusus,” ungkap Kepala SLB-BF Mandara Sumanto Wibowo pada Kendari Pos, Minggu (5/4).

Keterampilan yang dimiliki oleh alumni dari SLB B-F Mandara Kendari didapatkan sejak menjadi siswa dari SLB B-F ini. Berbagai keterampilan diajarkan pada siswa sebagai bekal yang bisa digunakan didunia kerja. Seperti, tata boga, kecantikan, sablon, hingga keterampilan griya kayu. “Selain bidang akademik, siswa kami juga dibekali berbagai keterampilan, sejak duduk dijenjang sekolah dasar. Sehingga kemampuan dari siswa berkebutuhan khusus ini tidak lagi bisa diragukan,” katanya.

Tahun 2020 ini, SLB B-F Mandara kembali akan meluluskan sebanyak 4 orang dari jenjang SMA. Untuk itu pihaknya berharap agar para lulusan dari SLB sapat diterima didunia industri tanpa harus melihat kekurangan yang dimiliki sejak kecil. “Dibalik kekurangan yang mereka miliki terdapat banyak potensi yang mereka miliki, khususnya kemauan dan keuletan yang besar,” tuturnya.

Sumanto juga mengimbau para orang tua agar memberikan perhatian lebih pada anak-anaknya yang berkebutuhan khusus ini. Pasalnya, setelah lulus dari jenjang SMA, anak-anak ini membutuhkan bantuan orang lain yang berasal dari para orang tua untuk mencarikan pekerjaan. “Peran orang tua juga sangat diperlukan. Sebab, anak-anak ini tidak bisa mencari pekerjaan sendiri, sehingga perlu dibimbing untuk mendapatkan tempat kerja sesuai dengan keterampilan yang dimilikinya,” terangnya.

Bahkan siswa SLB Mandara beberapa kali menorehkan prestasi yang luar biasa membanggakan bagi Sultra di ajang nasional hingga internasional dengan mengikuti berbagai kompetisi dan bersaing dengan siswa SLB lainya. “Setiap mengikuti event Lomba, siswa kami pasti akan mendapatkan juara. Hal ini menunjukan mental para lulusan SLB B-F Mandara sudah bermental juara,” pungkasnya. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy