Legislator Sultra Salurkan Bantuan Peralatan Medis – Kendari Pos
Metro Kendari

Legislator Sultra Salurkan Bantuan Peralatan Medis

Direktur RSUD Kota Kendari, dr. Sukirman (kedua dari kiri) menerima langsung bantuan APD dari perwakilan Aksan Jaya Putera kemarin.

KENDARIPOS.CO.ID — Keterbatasan peralatan medis menjadi kendala penanganan wabah covid 19. Melihat kondisi tersebut, sejumlah senator bergerak menyalurkan bantuan. Diantaranya, anggota DPRD Sultra, Aksan Jaya Putra (AJP) dan senator Sultra di Senayan, Wa Ode Rabia Al Adawia. AJP melalui perwakilannya menyerahkan bantuan APD di RSUD Kota Kendari dan RS Bahteramas, sementara Rabia menyalurkan bantuan di RS Bahteramas.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Sultra Aksan Jaya Putra berharap tambahan APD ini bisa meringankan beban pemerintah dan juga menciptakan rasa aman bagi para medis yang merupakan garda terdepan penangan virus tersebut.

“Mereka (tenaga medis) harus safety. Mereka juga penya keluarga dan ingin berkumpul bersama. Mudah-mudahan bantuan ini bisa bermanfaat dan mempercepat proses penanganan COVID-19 di Sultra,” katanya kemarin.

Direktur RSUD Kota Kendari, dr. Sukirman menyambut baik bantuan dari Aksan. Menurutnya, bantuan tersebut sangat dibutuhkan. Selain langkah, harga ADP sangat mahal sekitar Rp 500 ribu untuk sekali pakai. “Nah, bagaimana kalau kontak dengan pasien covid 3 kali, otomatis harus diganti-ganti,” ujarnya.

Perwakilan Anggota DPD RI asal Sultra, Wa Ode Rabia Al Adawia menyerahkan bantuan APD ke petugas RS Bahteramas

Ia mengapresiasi bantuan yang diberikan. Setidaknya kata Sukirman, bantuan tersebut bisa digunakam paramedis hingga dua bulan kedepan. “Yang kita butuhan APD saat ini, supaya tenaga medis kita aman begitupun dengan pasiennya” jelasnya.

Adapun APD yang diserahkan di RS Bahteramas meliputi 80 lembar baju hasmat (baju pelindung), 10 boks masker, 5 boks Handscoon, kemudian Google Mask dan Pitchers Mask 7 buah. Di RSUD Kota Kendari, AJP menyerahkan 10 lembar baju hasmat, 5 boks Handscoon, 10 buah google mask dan Pitchers Mask 5 buah.

Anggota DPD RI asal Sultra, Wa Ode Rabia Al Adawia pun berinisiatif untuk memberikan bantuan cover all kepada Rumah Sakit (RS) Bahtermas. “Pemberian APD itu tidak terlepas dari kondisi RS Bahtermas yang menjadi RS rujukan Covid 19. Sebagai RS rujukan semestinya persiapan APD itu harus terjamin, sehingga itu juga bisa meningkatkan rasa aman bagi masyarakat
khususnya bagi tenaga medis, dokter dan suster dalam memberikan pelayanan kesehatan,” tuturnya kemarin.

Melihat kondisi tersebut, Rabia pun mengaku berinisiatif untuk mencari APD untuk diberikan kepada RS Bahtermas. “Alhamudulillah setelah kita berupaya, kita berhasil dapatkan 100 buah APD atau baju cover all yang menjadi kebutuhan para
medis saat ini,” ungkapnya.

Wakil Ketua Komite II ini pun berharap bisa membantu penanganan Covid 19 di Sultra. “Saat ini masih tetap 3 positif dengan harapan angka itu tidak bertambah. Dan mereka yang telah positif kita doakan
segera pulih dan bisa kembali ke keluarga masing-masing,” harapnya.

Plt Direktur RS Bahteramas, dr Sjarif mengapresiasi uluran tangan masyarakat termasuk para legislator. “Ia kita mendapatkan 100 buah dari ibu Rabia. Bantuan itu diserahkan kepada kita, kemarin Rabu 1 April 2020,” pungkasnya. (c/yog/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy