Layanan Pencatatan Nikah Dialihkan ke Simkah – Kendari Pos
Metro Kendari

Layanan Pencatatan Nikah Dialihkan ke Simkah

KENDARIPOS.CO.ID — Layanan pencatatan nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) telah dihentikan sejak 1 April. Namun pasangan yang ingin menikah di bulan April ini tak perlu khawatir. Sebab Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari tetap membuka layanan pendaftaran nikah secara online. Bagi calon pengantin (Catin) bisa mendaftar melalui Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kemenag Kota Kendari, H Sunardin mengatakan layanan pencatatan nikah di KUA telah dialihkan ke Simkah. Pengalihan ini bagian dari upaya Kemenag mencegah penyebaran virus corona. “Yang terlanjur mendaftar sebelum 1 April, kami tetap layani. Catin yang sudah mendaftar sebelum April, cukup banyak. Makanya, masih ada prosesi pernikahan hingga saat ini,” kata H Sunardin kemarin.

Pelayanan akad dan pencatatan nikah saat ini hanya dilakukan di KUA, tidak di luar KUA. Aturan ini berlaku sampai dengan tertanganinya wabah Covid-19 karena kebijakan tersebut menjadi bagian upaya pencegahan penyebaran.

“Pelayanan akad nikah di luar KUA ditiadakan. Kami meminta masyarakat menggantinya dengan pelayanan akad di KUA. Untuk yang mendaftar Maret yang sudah diselesaikan akadnya sekira 45 pasang pada April ini. Tetapi untuk pelaksanaan akad nikah secara online baik melalui telepon, vidio call atau penggunaan aplikasi berbasis web lainya tidak diperkenankan,”terangnya.

Ia memastikan pelayanan konsultasi dan informasi kepada masyara

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy