Kunjungan Ditiadakan, LPKA Kendari Siapkan Fasilitas Video Call – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Kunjungan Ditiadakan, LPKA Kendari Siapkan Fasilitas Video Call

LPKA Kelas II Kendari meniadakan jam kunjungan pasca merebaknya virus corona. Sebagai gantinya, LPKA telah telah menyiapkan fasilitas Video Call.

KENDARIPOS.CO.ID — Jam kunjungan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Kendari telah ditiadakan. Upaya ini tak lain untuk mencegah penyebaran virus corona. Namun keluarga tak perlu khawatir. Pasalnya, LPKA telah telah menyiapkan fasilitas Video Call.

Kepala LPKA Kelas II Kendari, Akbar Amnur mengatakan kebijakan ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran covid-19. Apalagi selama wabah ini menyebar, akses transportasi berkurang. Atas dasar itu, pihaknya berinisiatif membuat layanan vidio call agar anak-anak binaan bisa tetap berkomunikasi aktif dengan keluarganya.

“Jadi ada layanan SMS serta whatsapp. Jika keluarga korban ingin melakukan VC dapat langsung menghubungi petugas LPKA agar difasilitasi VC dengan anaknya. Mengenai masalah teknis, baik itu perangkat yang digunakan serta lama waktu pelaksanaan video call akan di atur oleh pengelola. Layanan ini diberlakukan sejak 19 Maret,”terangnya.

Pendekatan di LPKA kata dia, agak berbeda dengan lapas bagi orang dewasa. Anak-anak di sini, masih perlu intens komunikasi dengan orang tua atau keluarga lain. Sebab psikologi mereka masih berbeda. Lagipula untu pendidikan mereka selama di LPKA tetap diprioritaskan.

“Ini merupakan salah satu bentuk inovasi layanan terhadap anak binaan, sebagai bentuk implementasi layanan prima ramah dan bersahabat. Dengan adanya tatap muka secara online dengan keluarga, selain untuk mengurangi penyebaran CIVID-19 juga diharapkan secara psikologis anak binaan dapat lebih tenang dalam menghadapi masa pidananya,”ungkapnya.

Mantan Kepala Rutan Kelas IIB Wonosobo ini mengaku akan terus berupaya semaksimal mungkin menyalurkan berbagai jurus-jurus jitu penangkal COVID-19 agar tidak masuk menggrogoti pegawai maupun anak binaan LPKA Kendari.

“Kami tetap melayani kunjungan, namun kunjungan berbasis online. Layanan VC hanya berlaku di jam-jam besukan saja. Jam besukan pertama yakni 09.00-11.00 Wita kemudian jam besukan kedua, 13.00-14.30 Wita. Selain itu, LPKA Kendari tetap menerima titipan barang ataupun makanan dari orang tua anak binaan. Jadi tidak perlu risau LPKA tetap memberikan pelayanan prima ramah dan bersahabat, walau tanpa tatap muka langsung,” pungkasnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy