Kru dan ABK Kapal yang Berlabuh Jalani Rapid Test – Kendari Pos
Metro Kendari

Kru dan ABK Kapal yang Berlabuh Jalani Rapid Test

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sultra melakukan rapid tes terhadap kru dan ABK akhir pekan lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas ll Kendari terus mensterilisasi kawasan pelabuhan. Setelah melakukan rapid test terhadap pegawainya, kini giliran kru dan ABK yang berlabuh di Terminal Pangkalan Kapal Perahu. Dari hasil test yang dilakukan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sultra, sebanyak 63 kru dan ABK dinyatakan negatif.

Kepala Pos Syahbandar Terminal Pangkalan Perahu Kendari, La Ode Muhammad Hayruddin mengatakan telah melakukan rapid test terhadap ABK kapal. Diantaranya Kapal Motor (KM) Agil 04, KM Aksar Saputra 08 dan KM Simba I. Rapid test ini dilakukan untuk mendeteksi dini penyebaran covid-19 melalui jalur laut, kapal penumpang jurusan Kendari-Raha-Baubau dan Kendari-Wanci.

“Apa yang kita lakukan ini merupakan upaya pencegahan dini virus Corona khususnya bagi seluruh nakhoda, dan ABK kapal. Mereka sangat rentan terjangkit karena tiap harinya berinteraksi langsung dengan penumpang yang berbeda,” ujarnya kemarin.

Sejauh ini, pihaknya terus memantau keluar-masuknya penumpang dan berlabuhnya kapal-kapal dari luar daerah. Sesuai instruksi, siapa saja yang memasuki wilayah pelabuhan harus menggunakan masker dan penumpang yang datang atau mau berangkat harus diperiksa suhu tubuhnya. “Jika ditemukan ada gejala segera dikarantina secepatnya,” tandasnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Sultra, dr. Andi Hasnah mengatakan hasil pemeriksaan rapid test terhadap 63 ABK dinyatakan negatif. Kendati begitu, ia tetap mengimbau kepada seluruh nakhoda dan ABK agar tetap menjaga kesehatan dan kebersihan kapal.

“Alhamdulillah pemeriksaan awal, para awak kapal ini semua sehat dan hasil mereka juga negatif semua. Kami minta kepada pihak kapal, agar tetap menjaga kesehatan, kapalnya harus dibersihkan sebelum dan sesudah berlayar. Yang terpenting patuhi imbauan dan anjuran pemerintah dengan tetap pakai masker, cuci tangan,” pintanya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy