KM Lambelu Sandar di Baubau, Dua Penumpang Harus Karantina Mandiri – Kendari Pos
Nasional

KM Lambelu Sandar di Baubau, Dua Penumpang Harus Karantina Mandiri

KM Lambelu telah berlabuh di Pelabuhan Murhum Baubau,Senin (6/4).
Sejumlah prosedur pemeriksaan kesehatan dilakoni ratusan penumpang, seperti pemeriksaan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan. Dua penumpang diminta melakukan karantina mandiri karena suhu tubuhnya 38 derajat celcius.

KENDARIPOS.CO.ID — Kapal penumpang KM Lambelu sandar di pelabuhan Murhum Kota Baubau, Senin (6/4). Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Baubau mencatat sekira 682 orang penumpang turun di Pelabuhan Murhum. Jumlah itu tidak termasuk anak-anak. (Lihat grafis).

Dua dari ratusan penumpang itu teridentifikasi punya suhu tubuh di atas normal. “Ada yang kita temukan penumpang demam dan ada pula yang aman. Dua demam dengan suhu tubuh 38 derajat celcius. Sudah kita sampaikan isolasi mandiri dan dipantau Dinas Kesehatan. Alamatnya saya belum lihat pasti datanya. Itu dari penumpang KM Lambelu,” kata dr. Riki Atrian, Koordinator KKP Baubau saat dikonfirmasi, Senin (6/4).

Ratusan penumpang KM Lambelu berasal dari Kota Baubau dan berbagai kabupaten. “Mereka sudah pulang. Semua datanya kita ambil untuk mengantisipasi jangan sampai ada apa-apa. Nanti surveilans Puskesmas Wilayah yang pantau masing-masing. Termasuk dua penumpang yang demam karantina mandiri dan dipantau Dinas Kesehatan melalui Puskesmas (wilayah,red) selama 14 hari,” kata dr.Riki Atrian.

Sementara itu, Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas I Baubau, Pradigdo mengungkapkan seluruh penumpang KM Lambelu di Pelabuhan Murhum Baubau mendapat perlakuan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Pertama, kartu pengawasan kesehatan para penumpang dicek. Lalu, data alamat, dan nomor kontaknya dicatat. Setelah itu, penumpang masuk di ruang steril dan suhu tubuh diperiksa menggunakan dengan thermo scanner di terminal kedatangan. “Kita lihat langsung di ruang scanner,” ujar Pradigdo. (ahi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy