Kemendagri Setujui Usulan Pinjaman Pemkab Buton – Kendari Pos
Buton

Kemendagri Setujui Usulan Pinjaman Pemkab Buton


KENDARIPOS.CO.ID — Anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Boton tahun ini mencapai Rp 1 triliun. Dana itu sudah terbagi habis untuk belanja gaji aparatur dan belanja pembangunan di daerah. Namun belum semua program prioritas bisa didanai dengan anggaran tersebut. Makanya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) memutuskan untuk mengajukan pinjaman dana. Niat itu sudah disodorkan ke Kemendagri untuk mendapat persetujuan.

Setelah menunggu beberapa bulan dievaluasi Pemerintah Pusat, akhirnya Pemkab Buton baru saja mendapat kabar baik. Usulan itu sudah direspon pihak Kementerian dalam kendali Tito Karnavian itu. Kabar gembira terseut diungkapkan langsung Bupati Buton, La Bakry. “Alhamdulilah sudah disetujui itu (pinjaman). Tinggal kita tindaklanjuti,” katanya, kemarin.

Mantan Wakil Bupati Buton itu melanjutkan, saat ini pihaknya belum bisa melakukan tindak lanjut karena fokus pada penanganan dan pencegahan pandemi corona. Perjalanan dinas masih ditangguhkan hingga kondisi benar-benar aman. Karena itu belum ada satupun pegawai yang diizinkan keluar daerah termasuk untuk urusan pinjaman itu.

“Sama dengan kita di sini. Di Kementerian juga pasti lagi fokus juga ke penanganan wabah ini,” sambungnya.

Untuk diketahui, besaran dana pinjaman yang diajukan Pemkab Buton senilai Rp 180 miliar. Dana itu untuk pembangunan infrastruktur. Salah satunya membuka akses baru jalan untuk kendaraan tambang aspal. “Kita bangun jalan baru khusus untuk dump truk pengangkut aspal dari Lawele ke Kabungka,” tambahnya. Soal besarannya, La Bakry mengaku belum tahu pasti. Apakah sesuai angka usulan atau malah berkurang. Namun berapa pun itu tetap akan dimaksimalkan untuk pembangunan. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy