Kemenag Sultra Berbagi Sembako – Kendari Pos
Metro Kendari

Kemenag Sultra Berbagi Sembako

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sultra, Fesal Musaad (enam dari kiri) sebelum menyerahkan paket sembako kepada pengurus mesjid yang ada di Kelurahan Wolulu, Kamis (23/4)kemarin.


KENDARIPOS.CO.ID — Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sultra, Fesal Musaad turun langsung dalam pemantauan hilal yang digelar di Kabupaten Kolaka. Hilal dipantau di sekitar pantai Kelurahan Wolulu, Kecamatan Watubangga, Kamis (23/4) sore. Meski hujan mengguyur lokasi, namun tidak menjadi penghalang bagi Tim Hisab Rukyat Sultra yang terdiri dari Kanwil Kemenag Sultra, BMKG dan sejumlah pihak terkait untuk menunaikan tugas memantau hilal penentuan 1 Ramadan 1441 Hijriah.

Cuaca yang kurang bersahabat membuat Tim Hisab Rukyat Sultra kesulitan melihat hilal di lokasi pemantauan di Kelurahan Wolulu. “Rukhiatul hilal pada hari ini baik menggunakan mata telanjang maupun alat bantu optik teleskop menunjukkakan bahwa hilal sama sekali tidak terlihat. Penyebabnya karena tertutup kabut dan hujan,” ungkap Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Sultra, Fesal Musaad.

Kata Fesal, dengan tidak terlihatnya hilal maka pihaknya merujuk pada data BMKG. Dimana berdasarkan data tersebut ketinggian hilal mencapai 2 derajat 45 menit dan 55 detik. “Hasil ini akan kami kirim ke forum ke sidang isbat. Saya mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan menunggu pengumuman resmi dari Kementrian Agama malam ini,” ujarnya.

Selain memantau hilal, Fesal menyerahkan sembako kepada sejumlah pengurus masjid yang ada di lokasi sekitar pemantauan hilal di Kelurahan Wolulu. Para penerima bingkisan tersebut terlihat tersenyum bahagia saat menerima bantuan tersebut. Para tenaga honorer yang mengabdi di Kemenag Agama Kolaka pun tak luput mendapat bantuan sembako.

Fesal mengungkapkan, bantuan tersebut merupakan salah satu bagain dari program 1.000 paket sembako sebagai bentuk kepedulian Kemenag Sultra kepada warga yang terdampak pandemi covid-19. “1.000 paket ini dibagikan di wilayah Sultra. Untuk di Kolaka kami berikan kepada pengurus masjid di sekitar lokasi pemantauan hilal,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Fesal juga berpesan kepada masyarakat khususnya umat Islam untuk mengikuti imbauan pemerintah dengan melaksanakan ibadah di rumah selama masa pandemi Covid-19. “Kami mengimbau kepada umat muslim agar melaksanakan ibadah bulan suci di rumah saja selama pandemi virus korona. Mari membangun solidaritas sosial dengan beribadah dari rumah. Karena puasa mengandung makna hubungan vertikal dengan Allah SWT dan hubungan horizontal dengan manusia. Dengan demikian ritual Ramadan tidak hanya berhenti sampai kepada Allah SWT tapi harus diaktualisasikan dalam bentuk amaliah sosial seperti kepedulian sosial membantu sesama yang terdampak virus korona. Semoga di bulan suci ini Allah menurunkan keajaiban sehingga wabah covid-19 ini segera berlalu,” tuturnya. (fad/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy