Kemenag Ajak Mubaligh Ingatkan Masyarakat Patuhi Anjuran Pemerintah – Kendari Pos
Metro Kendari

Kemenag Ajak Mubaligh Ingatkan Masyarakat Patuhi Anjuran Pemerintah

H. Sunardin

KENDAIPOS.CO.ID — Ramadan biasanya diisi dengan salat taraweh. Namun, tahun ini berbeda. Dalam situasi pandemi Covid-19 tidak dobolehkan salat berjamaah di masjid. Termasuk salat taraweh. Semua diminta melaksanakan ibadah di rumah. Sebagai bentuk dukungan, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari turun langsung ke masjid-masjid menyebarkan edaran terkait larangan salat di masjid selama masa pandemi Covid-19. Baik itu salat berjamaah, taraweh, itikaf, maupun salat Jumat.

“Kami turun langsung ke masjid-masjid menyampaikan imbauan itu. Sebab sudah beberapa minggu surat edaran berlaku, namun masih ada juga yang melaksanakan salat di masjid,” ungkap H. Sunardin, Plt Kepala Kemenag Kota Kendari, kemarin (22/4). Berdasarkan surat edaran Wali Kota Kendari tentang imbauan ibadah puasa selama ramadan, lanjut dia, salah satu penekanannya adalah setiap rutinitas yang dilakukan di bulan suci ramadan seperti salat berjamaah, taraweh, itikaf, salat Jumat dilaksanakan di rumah.

“Semua kegiatan ibadah fokus dilaksanakan di rumah. Kami harap ini dipatuhi,” harapnya. Apalagi, kata dia, apa yang disampaikan majelis ulama sudah melalui kajian yang sangat mendalam. Karena itu harus dipatuhi bersama. Sebab, jika masyarakat tidak patuh maka agak sulit untuk memotong mata rantai penyebaran korona ini.

“Jadi tidak ada larangan untuk salat, tapi hanya dipindahkan saja tempatnya. Yang awalnya di masjid menjadi di rumah bersama keluarga. Memang ini berat bagi kita semua. Sebab, kebiasaan kita saat ramadan harus ramai-ramai ke masjid. Tapi dengan kondisi pandemi saat ini, kami minta masyarakat kota Kendari agar patuh imbauan pemerintah ini,” tegasnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, mata rantai penyebaran Covid-19 bisa diputus jika semua disiplin. “Kami harap kepada mubalik yang sering melakukan dakwah supaya membantu pemerintah mengingatkan masyarakat. Terutama untuk mengikuti anjuran pemerintah. Ini demi kebaikan bersama,” tutupnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy