Kebijakan Pendidikan Masa Pandemi, Perilaku dan Nilai Rapor Penentu Kelulusan Siswa – Kendari Pos
Edukasi

Kebijakan Pendidikan Masa Pandemi, Perilaku dan Nilai Rapor Penentu Kelulusan Siswa

Asrun Lio
Plt. Kepala Dinas Dikbud Prov Sultra

KENDARIPOS.CO.ID — Di tengah pandemi Covid-19, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus melakukan terobosan guna peningkatan kualitas pendidikan. Lembaga yang dipimpin Asrun Lio itu menempuh langkah yang sejalan dengan surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam masa darurat penyebaran virus corona.

Plt. Kepala Dinas Dikbud Sultra Asrun Lio meneribitkan surat edaran pertanggal 3 April nomor 423-7/2111/DPK, berisi syarat kelulusan peserta didik (SMA/SMK-PKLK). Asrun Lio mengatakan dengan rambu-rambu penetapan kelulusan peserta didik, maka kelulusan mereka harus menyelesaikan program pembelajaran mulai dari kelas X sampai XII. Siswa harus memperoleh nilai sikap atau perilaku baik serta mengikuti ujian yang diselenggarakan dan mecapai nilai minimal yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.

Penentuan niali akhir, kata dia, mengacu pada panduan penilaian yang dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan SMA/Direktorat pembinaan SMK dan dituangkan dalam pos ujian sekolah tahun pelajaran 2019/2020 di masing-masing satuan pendidikan.

“Bagi satuan pendidikan yang belum melaksanakan ujian sekolah, khususnya SLB, penentuan kelulusan peserta didik didasarkan pada nilai rapor semester satu sampai lima. Selain itu, nilai semester genap dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan,”terangnya.

Lanjutnya lagi, penentuan kelulusan dilakukan melalui rapat dewan guru secara daring. Jika rapat secara daring tidak dimungkinkan, maka pelaksanaan rapat memperhatikan ketentuan jarak aman (physical distancing) penyebaran Covid-19 dan menyurat secara resmi pada pihak keamanan di wilayah masing-masing. “Tetapi untuk pengumuman kelulusan akan tetap dilaksanakan sesuai kalender pendidikan SMA/SMK-PKLK tahun pelajaran 2019/2020 secara daring dan melarang pengumpulan siswa,”jelasnya. (rah/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy