Kasus Perceraian di Kolut Meningkat – Kendari Pos
Kolaka Utara

Kasus Perceraian di Kolut Meningkat

Suasana sidang di PA Kolaka Utara yang saat ini melakukan pembatasan kunjungan dan mengarahkan sejumlah penyelesaian perkara masyarakat via online.

KENDARIPOS.CO.ID — Ikrar setia yang diucapkan pasangan suami istri saat ritual pernikahan, tak selamanya bisa dijaga. Di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), perkara perceraian sepanjang Januari-Maret 2020 yang masuk di Pengadilan Agama (PA) masih cukup banyak. Termasuk menyangkut dispensasi izin pernikahan anak dibawah 19 tahun.

Kepala PA Kolaka Utara, Mihdar melalui Humas, Andi Muhammad Yusri, merinci, sisa perkara yang akan diselesaikan sebanyak 16 kasus dari 120 sepanjang tahun 2020. Perkara cerai-gugat selalu dominan dan rata-rata diajukan kaum hawa pada pasangannya. “Usia mereka yang cerai rata-rata antara 20 hingga 30 tahun,” sebut Andi Muhammad Yusri, Selasa (31/3).

Perceraian di usia muda seolah berbanding lurus dengan pengajuan dispensasi izin pernikahan anak dibawah 19 tahun. Dalam undang-undang (UU) nomor 16 tahun 2019 memang telah diatur, standar minimal usia menikah diubah dari 16 tahun menjadi 19 tahun. “Yang mau menikah di bawah usia 19 tahun itu terbanyak kedua. Makanya harus mengajukan izin dispensasi,” tuturnya.

Saat ini, penyelesaian sengketa, baik pendaftaran, penanganan hingga konsultasi diarahkan secara online melalui situs resmi PA di Lasusua. “Pegawai dibagi tiap kelas masuk pelayanan. Untuk saat ini, semua perkara diarahkan secara online tanpa harus bertatap muka,” pungkasnya. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy