Karyawan dan PKL di Kendari Bakal Terima Bantuan, Ini Syaratnya – Kendari Pos
Metro Kendari

Karyawan dan PKL di Kendari Bakal Terima Bantuan, Ini Syaratnya

KENDARIPOS.CO.ID — Kepedulian Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir terhadap warga metro yang mengalami kesulitan di tengah pandemi virus corona (COVID-19) patut diacungi jempol. Selain terus membagi-bagikan paket sembako kepada warga yang kurang mampu, orang nomor satu di Kota Kendari ini turut memikirkan nasib karyawan maupun pedagang kaki lima (PKL). Pasalnya, mereka juga terkena imbas dari penyebaran virus asal Tiongkok ini.

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir mengatakan akan memporsikan bantuan bagi karyawan swasta dan PKL. Mengingat ada sebagian dari mereka yang tergolong tidak mampu.

“Warga miskin kita ada sekitar 5,1 persen dari jumlah penduduk Kota Kendari sekira 400 ribu jiwa atau sekitar 6.982 Kepala Keluarga (KK). Tetapi begitu datang Covid, ada sejumlah masyarakat yang turun status (karyawan dan PKL) dan dalam hitungan itu bisa dua kali lipat. Ini asumsi semua ahli ekonomi,” kata Sulkarnain.

Oleh kaena itu lanjut dia, pihaknya akan melakukan pendataan melalui sistem, untuk kemudian dikeluarkan kebijakan untuk penanganannya. “Saya sudah insruksikan kepada RT/RW dan masyarakat yang mendapatkan pesan himbauan ini untuk dapat membantu warga diwilayahnya yang belum bisa mengakses internet dan tidak memiliki fasilitias android untuk mengsi form pendataan dimaksud,” tuturnya.

Adapun cara mendapatkan bantuan dari Pemkot, kata Sulkarnain, masyarakat bisa mengakses link atau menscan barcoden-nya yang disiapkan Pemkot. Karyawan maupun PKL tinggal mengisi form-nya. “Batas pengisiannya sampai 17 April 2020,” tandasnya.

Selama instruksi tiga hari di rumah, Pemkot Kendari melalui Dinas Kehatanan Pangan kembali menyalurkan sembako gratis pada warga metro yang terdampak COVID-19. Ribuan paket sembako diiberikan secara cuma-cuma pada masyarakat yang berdomisili di 113 RT (Rukun Tetangga) di Kecamatan Kendari.

“Bantuan sembako kita berikan bagi warga kota kendari sebagai bentuk pelayanan masyarakat yang ada dirumah,” kata Imran Ismail, Kadis Ketahanan Pangan Kota Kendari.

Penyalurannya kata dia, dilakukan secara door to door guna menghindari kerumunan massa. Pertimbangan lain, penyaluran seperti ini dianggap efektif dan tepat sasaran.

“Pembagian sembako akan dilakukan bertahap dengan tujuan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat kurang mampu dalam menjalankan Instruksi Wali Kota Kendari perihal permintaan pemerintah agar masyarakat berdiam diri dirumah. Insyah Allah Pemkot Kendari akan tetap konsisten memberikan  bantuan untuk warga yang terdampak COVID-19” terangnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy