Jelang Ramadan, Peziarah di TPU Punggolaka Sepi – Kendari Pos
Metro Kendari

Jelang Ramadan, Peziarah di TPU Punggolaka Sepi

KENDARIPOS.CO.ID — Ziarah kubur jelang bulan Ramadan telah menjadi tradisi tahunan warga Kota Kendari. Setiap hari, sekitar ratusan peziarah kubur datang seminggu sebelum Ramadan. Namun tahun ini, suasana terlihat berbeda. Hanya segelintir peziarah. Apalagi ada beberapa warga yang sengaja menugaskan warga sekitar mengurusi atau merawat makam.

Peziarah kubur di TPU Punggolaka Kendari, Rabu (22/4). Tahun ini, jumlah peziarah jauh menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Kepala UPTD TPU Punggolaka Kendari, Muhammad Idris membenarkan jika tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Biasanya, tujuh hari menjelang puasa ratusan peziarah sudah berdatangan untuk ziarah kubur. Puluhan kendaraan baik sepeda motor dan mobil berjejer di area perkuburan. Namun tahun ini warga yang datang berziarah sangat minim.

“Biasanya itu seminggu memasuki bulan Ramadhan tempat ini selalu dipadati ratusan pengunjung yang ziarah makam. Kalau lihat saat ini, hanya sekitar 30 persen jika dibanding tahun lalu,” kata Idris, Rabu (22/04).

Dirinya mengakui, semenjak mewabahnya pandemi Covid-19, TPU Punggolaka menjadi sangat sepi pengunjung. “Terkadang ada warga yang datang dari luar kota. Tapi saat ini setelah adanya virus corona, sangat minim,” tuturnya.

Secara tertulis kata dia, tidak ada pelarangan melakukan ziarah makam, tapi masyarakat telah paham dan mengerti guna mencegah penyebaran virus ini. Apalagi Pemkot telah mengimbau warga menerapkan social dan physical distancing.

Kendati demikian, pihaknya tetap melakukan pengawasan dan pembatasan terhadap para peziarah. Peziarah yang datang diwajibkan menggunakan masker serta menjaga jarak satu sama lainnya sesuai anjuran pemerintah. “Mereka harus pakai masker sesuai protokoler kesehatan. Kita selalu awasi di sekitar pemakaman,” ujarnya. (b/m2)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy