Jam Kerja ASN Dikurangi Selama Ramadan – Kendari Pos
Metro Kendari

Jam Kerja ASN Dikurangi Selama Ramadan

KENDARIPOS.CO.ID — Selama bulan Ramadan 1414 Hijriah, jam kerja Aparatur sipil Negara (ASN) lingkup Pemprov Sultra bakal dikurangi. Bila normalnya delapan jam setiap hari, kini dikurangi menjadi tujuh jam. Pengurangan waktu kerja merujuk Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) nomor 51 tahun 2020 tentang pengaturan jam kerja ASN selama bulan Ramadan.

Selain pengurangan jam kerja, Pemprov turut memperpanjang ASN bekerja di rumah atau work from home (WFH). Sesuai SE MenPAN-RB nomor 50 tahun 2020, jam kerja di rumah diperpanjang hingga 13 Mei 2020.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra, La Ode Mustari mengatakan pengurangan dan perpanjangan WFH hanya mengikut dengan edaran dari pemerintah pusat. “Jadi terkait waktu kerja kita mengikut dengan aturan langsung dari Menpan-RB. Terkait ASN memang aturannya sudah terpusat seperti itu,”ungkapnya kemarin.

Mantan PJ Sekda Sultra itu melanjutkan ketentuan waktu kerja ini didasarkan pada jam kerja minimal PNS selama bulan Ramadhan yakni 32,5 jam per minggu. Sehingga sudah sesuai aturan.

“Dimana kita di Pemprov dengan waktu selama 5 hari kerja maka hari Senin sampai Kamis harus masuk pukul 08.00 wita dan pulang pada pukul 15.00 wita. Sementara untuk istirahat diberi waktu 30 menit pada pukul 12.00 sampai 12.30 wita. Namun untuk hari Jumat masuk tetap sama, hanya jadwal pulang diperpanjang sekira 15.30 wita. Sebab waktu istirahatnya satu jam dari 11.30 sampai 12.30 wita,”jelasnya.

WFH sambungnya, telah diberlakukan sejak awal pandemi. Makanya, pihaknya tinggal menyesuaikan dengan SE MenPAN-RB. Awalnya hanya sampai 21 April diubah hingga 13 Mei 2020.

“Kalau WFH kita sudah berlakukan. Bahkan kita sudah berkeja shift-shiftan selama pandemi ini. Kepala dinas tetap berkantor setiap hari, Kepala Bidang diatur sehari satu orang dan kepala Seksi lima orang perhari, staf pun menyesuaikan. Intinya upaya ini agar pelayanan tetap jalan dan physical distancing pun tetap dipatuhi,” ungkapnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy