Jadi Temuan BPK, Pedagang Nakal di Wakatobi Ditindak – Kendari Pos
Wakatobi

Jadi Temuan BPK, Pedagang Nakal di Wakatobi Ditindak

KENDARIPOS.CO.ID — Sempat dijadikan gudang dan tak terpakai, puluhan lods di Pasar Pagi Kecamatan Wangiwangi, Kabupaten Wakatobi akhirnya ditertibkan. Oknum pedagang nakal yang tidak memanfaatkan lods-lods tersebut sebagaimana mestinya, telah mendapatkan peringatan dari pemerintah. Pasalnya, selain merugikan daerah, tak difungsikannya petak transaksi tersebut juga menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Safiuddin

Tak ingin kejadian serupa kembali terulang, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Wakatobi telah mengosongkan lods yang dinilai tak menghasilkan pundi-pundi pendapatan asli daerah (PAD) ini. Ada sebanyak 30 lods yang bertahun-tahun tak dimanfaatkan dengan baik. Kini, baru 19 lods yang siap digunakan para pedagang. Sisanya, pihak Disperindag menunggu masyarakat yang ingin menggunakan lods tersebut. Syaratnya tanpa dipungut biaya sewa apapun asalkan taat membayar retribusi tepat waktu.

Kepala Disperindag Wakatobi, Safiuddin, menuturkan, masalah lods di Pasar Pagi yang dijadikan gudang bahkan kosong sudah diselesiakan pihaknya. “Alhamdulilah semuanya sudah kita tuntaskan. Kami inginkan agar puluhan lods terpakai dan dimanfaatkan dengan baik. Ini memang sempat jadi temuan BPK. Saya kira harus lebih diseriusi lagi sehingga agar semua pedagang menyadari untuk wajib membayar retribusi,” ungkapnya.

Ia berharap para pedagang yang telah mengisi lods-lods bisa memanfaatkannya dengan baik. Pihaknya hanya meminta para pedagang membayar retribusi dengan teratur. “Karena saat lods tersebut tidak difungsikan, otomatis mengurangi PAD. Padahal sumber PAD terbesar Disperindag, ya pasar-pasar. Tapi, bukan hanya soal PAD yang kita pikirkan. Tapi bagaimana lods itu terpakai dan dimanfaatkan oleh pedagang,” pungkasnya. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy