Jabatan Kadisdukcapil Konsel Berganti – Kendari Pos
Konawe Selatan

Jabatan Kadisdukcapil Konsel Berganti


KENDARIPOS.CO.ID — Atas alasan penyegaran dan lebih memaksimalkan kinerja birokrasinya, Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga, melantik pejabat eselon IIB di lingkup pemerintahannya, Rabu (1/4). Pejabat yang dikukuhkan tersebut adalah Muh. Yusuf menggantikan Nurlita Jaya pada posisi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencataan Sipil (Kadisdukcapil).

Suasana pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kadisdukcapil oleh Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, kemarin.

Nurlita Jaya kini menduduki jabatan sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Kesra yang sebelumnya diamanahkan pada Muh. Yusuf. Rotasi jabatan tersebut dilaksanakan bupati sesuai Keputusan Mendagri nomor : 821.22-86 tahun 2020 tanggal 13 Januari 2020 tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan PTP selaku Kadisdukcapil Konsel. Sehingga bupati mengeluarkan SK nomor 820/144/2020 tertanggal 1 April 2020 terkait pengangkatan jabatan dimaksud.

“Pelantikan hari ini sudah sesuai mekanisme dan telah mendapat rekomendasi dari Dirjen Disdukcapil. Agar lebih kuat kita tetap minta izin Kemendagri,” kata Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga usai mengambil sumpah kedua pejabat eselon IIB, kemarin. Konsel-1 itu menjelaskan, Nurlita Jaya yang merupakan istri Ketua DPRD, Irham Kalenggo, sudah menjabat minimal dua tahun pada posisi sebelumnya. Sehingga kinerjanya perlu dievaluasi dan dilakukan rotasi.

“Mutasi ini hanya sebagai bentuk evaluasi kinerja dan penyegaran birokrasi, juga sudah hal biasa dalam pemerintahan, tidak ada tendensi lain,” jelas Surunuddin. Ia menginstruksikan agar pejabat yang baru dilantik melanjutkan program kerja dan meningkatkan hubungan baik yang telah dibangun pejabat sebelumnya, khususnya Didukcapil ke Kemendagri dan pihak terkait lainnya dalam peningkatan pelayanan.

“Target perekaman KTP dan KK harus 98 persen pada tahun 2020. Saat ini sudah bagus karena tercapai 96 persen, sisa ditingkatkan lagi. Saya mengapresiasi kinerja pejabat sebelumnya dan berharap ditingkatkan oleh pejabat baru,” tandas Surunuddin.

Meski pelantikan tersebut telah sesuai mekanisme yang ada, Wakil Ketua DPRD Konsel, Senawan Silondae, tetap menyayangkan keputusan bupati melakukan rotasi jabatan. “Harusnya kalau kita berbicara soal kebutuhan daerah, saya kira tunggulah nanti sampai situasi saat ini mereda dan membaik, baru kita lakukan pergantian atau pelantikan,” pendapatnya.

Ia mengaku, seharusnya bupati tidak terburu-buru melantik, apalagi sudah pasti Pilkada akan ditunda. “Saya khawatirkan jangan sampai rotasi ini ada hubungannya dengan Pilkada,” sangka Senawan. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy