Hj. Surya Hutapea, Perempuan Hebat Melawan Pandemi – Kendari Pos
Kolaka Timur

Hj. Surya Hutapea, Perempuan Hebat Melawan Pandemi

KENDARIPOS.CO.ID — Perjuangan Raden Ajeng (RA) Kartini tak lekang oleh waktu. Meski telah tiada, namun semangatnya tetap hidup dalam jiwa Kartini masa kini. Tak sedikit generasi muda terinspirasi dari penulis buku berjudul “Habis gelap terbitlah terang” itu.

Ketua TP PKK Koltim Hj. Surya Hutapea sebelum membagikan masker dan buletin kepada warga Koltim.

Mengenang perjuangan RA Kartini, hari lahirnya 21 April diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini. Semangat Kartini juga menginspirasi oleh Hj. Surya Hutapea.

Selain membangun kualitas pendidikan di Koltim, istri Bupati Kolaka Timur (Koltim) Tony Herbiansyah itu berperan melawan pandemi Covid-19. Di tengah kesibukan memimpin Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Koltim, ia aktif mengedukasi warga agar mengikuti instruksi pemerintah demi memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Ketua TP PKK Koltim Hj. Surya Hutapea (paling kiri) menyerahkan APD (bantuan pribadinya) kepada para Kepala Puskesmas se Koltim.

Meski ancaman virus itu sangat menakutkan, ia tak gentar turun lapangan mengedukasi warga agar bergotong royong mencegah penyebaran Covid-19.

Ia tak kenal lelah, membantu sang suami Bupati Kolaka Timur Tony Herbiansyah melawan pandemi agar warga tak menjadi korban virus itu. Ia tak pernah berhenti meminta warga untuk selalu jaga kesehatan, tetap di rumah, memakai masker saat beraktivitas di luar dan mengindari keramaian agar terhindar dari paparan virus corona.

Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kolaka Timur (Koltim) itu mendonasikan duit pribadi untuk pengadaan alat pelindung diri (APD) yang disalurkan ke 12 Puskesmas dan warga Koltim. Surya mengaku tak bisa berdiam diri saat pandemi kian meluas, hatinya terpanggil untuk bergerak memutus mata rantai penyebaran pandemi.

Senin (20/4) pagi itu, ia turun lapangan membagikan masker kepada warga di jalanan dan pasar. Termasuk mengedukasi ibu-ibu rumah tangga untuk tetap di rumah dan memakai masker saat berpergian.

APD yang ia bagikan di 12 Puskesmas, kata dia, agar petugas medis dapat terlindungi dari wabah coronan, jika ada pasien terindikasi terpapar wabah itu. “Saya sumbangkan secara pribadi bantuan ini, semoga bisa bermanfaat. Saya turun langsung ke jalan dan di pasar membagikan ribuan masker dan buletin agar menjaga jarak dan memperhatikan protokol kesehatan sesuai imbauan pemerintah daerah. Saya memberikan contoh kepada masyarakat dan terkhusus ibu-ibu kartini agar lebih giat cegah Covid-19,” bebernya.

Ia berharap semua warga Koltim terhindar dari Covid-19.

Surya mengatakan dengan merebaknya Covid-19, maka masyarakat dan pemerintah ini harus bersatu bahu-membahu melawan virus corona di Koltim. “Muda-mudahan wabah ini bisa cepat berlal, sehingga aktivitas pemerintahan khususnya pendidikan di Koltim bisa normal kembali. Semoga hari kartini yang jatuh 21 April, membuat kartini di Sultra terkhusus di Koltim bisa semakin sukses dan jaya,” harapnya. (kus/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy