Hanya Untuk Penumpang Non-Mudik, KSOP Kendari Izinkan Angkutan Laut Beroperasi – Kendari Pos
Metro Kendari

Hanya Untuk Penumpang Non-Mudik, KSOP Kendari Izinkan Angkutan Laut Beroperasi

Penumpang kapal yang hendak melakukan pemberangkatan melalui jalur laut, di Pelabuhan Nusantara, Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Jika jalur penerbangan komersil di bandara di Sultra resmi ditutup, jalur transportasi angkutan laut justru tetap beroperasi. Kantor Kesyahbandaran dan

Kantor Kesyahbandaran (KSOP) Kendari tetap memberi izin pelayaran lantaran pelarangan penggunaan transportasi laut hanya berlaku bagi daerah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kepala KSOP Kendari, Letkol Marinir Benyamin Ginting mengatakan tidak akan melakukan pelarangan terhadap kapal angkutan penumpang orang. Putusan itu diambil setelah mengkaji Permenhub nomor 25 tahun 2020 dan SE Kadishub Sultra. Sebagai acuan pelayaran, pihaknya menerbitkan SE nomor 004/09/92/KSOP.KDI-2020.

“Memang belum ada pelarangan kapal angkutan orang untuk berlayar terkecuali nanti ada penetapan PSBB. Kendati dilakukan pelarangan, itu pun hanya kapal penumpang dan tidak untuk kapal kargo, kontainer maupun kapal tanker. Dalam SE, kami bahas teknisnya. Kami turut berkoordinasi dengan perusahaan pelayaran, kepolisian hingga operator kapal,” jelasnya kemarin.

Hingga kini, pihaknya masih memberikan izin operasi bagi kapal angkutan non-mudik dan bukan untuk pemudik. Syaratnya, selama daerah pemberangkatan atau tujuan tidak ditetapkan sebagai daerah PSBB. Sejauh ini, belum ada daerah di Sultra yang menerapkan PSBB.

“Kalau belum ada berarti untuk pelayaran masih aman. Kami berharap kepala daerah tidak membuat aturan sendiri yang bertentangan dengan Permenhub. Kami telah diarahkan pak Dirjen untuk meluruskan. Untuk kepentingan bersama, ego sektoral harus dijauhkan,” jelasnya.

“Jangan sampai ada angkutan yang sudah tiba di tujuan namun dilarang bersandar. Itu yang tidak boleh terjadi. Kalaupun ada kepala daerah yang membuat kebijakan sendiri kita akan berkoordinasi dengan baik, bagaimana dengan masyarakat yang menggunakan angkutan laut menuju ke sana. Para penumpang tidak boleh dibiarkan terlunta-lunta,”terangnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy