Hanya Satu Proyek DAK Dinas PU Wakatobi Dikerjakan – Kendari Pos
Wakatobi

Hanya Satu Proyek DAK Dinas PU Wakatobi Dikerjakan

Kamaruddin


KENDARIPOS.CO.ID — Kebijakan pemerintah pusat yang mengalihkan dana alokasi khusus (DAK) untuk pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19, dirasakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi. Banyak proyek pembangunan fisik yang direncanakan terealisasi tahun ini, terpaksa ditunda atau tak dilaksanakan sama sekali. Tahun ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Wakatobi hanya bisa mengerjakan satu proyek pembangunan jalan dari DAK tahun 2020.

Proyek pembanguan ruas jalan dari Desa Palahidu dan Palahidu Barat, Kecamatan Binongko dipastikan masih dapat dikerjakan tahun ini. Sebab sebelum adanya kebijakan mengantisipasi pandemi virus corona, proyek ini termasuk satu-satunya yang telah dikontrak. Selebihnya, ada yang gagal lelang hingga belum memasuki tahap kontrak.

Menurut Kepala PU PR Wakatobi, Kamaruddin, harusnya banyak proyek pembanguan fisik melalui DAK yang direalisasikan setiap tahunnya. Bahkan saat ini pun sudah mulai dikerjakan. Namun, pihaknya tak bisa berbuat banyak, apalagi kebijakan pengalihan anggaran tersebut demi kepentingan bersama. “Untuk DAK yang sudah terlanjut kontrak adalah pembanguan ruas jalan Desa Palahidu dan Palahidu Barat. Ini anggarannya hampir mencapai Rp 4 miliar,” jelas Kamaruddin, kemarin.

Mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Wakatobi itu menambahkan, proyek ini sudah mulai dikerjakan. Pihaknya berharap agar pandemi Covid-19 segera tertangani. “Kalau sudah dikontrak nanti dilihat tahap pertama apa yang dikerjakan dan kita sudah mulai,” bebernya.

Panjang proyek jalan itu sekitar 2 kilometer. Anggaran yang digunakan tidak sedikit karena material yang digunakan cukup besar. “Iya materialnya kalau untuk Pulau Binongko memang mahal. Kita berharap semoga berjalan sesuai rencana. Untuk proyek DAK ini kita sudah percepat dari awal tapi banyak yang gagal lelang terus. Kita maklum juga karena proyek ini dipihakketigakan. Hanya memang kita juga masih menunggu, karena belum tahu bagaimana kedepannya,” tandas Kamaruddin. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy