Haerul Saleh, Suara Terbanyak Kedua ke DPR RI – Kendari Pos
Politik

Haerul Saleh, Suara Terbanyak Kedua ke DPR RI


KENDARIPOS.CO.ID — Sudah sepekan lebih kursi DPR RI yang ditinggalkan mendiang H.Imran lowong. Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih memproses calon pengganti antarwaktu (PAW). Ketua KPU Sultra Abdul Natsir Muthalib mengatakan proses PAW almarhum H. Imran kini sedang diverifikasi KPU RI.

Menurut Natsir, pada tahap verifikasi nanti calon PAW anggota DPR RI diambil dari Daftar Calon Tetap (DCT). Calon PAW sudah pasti dari parpol dan daerah pemilihan yang sama serta peraih suara terbanyak berikutnya.

“Saat rapat pleno hasil perhitungan perolehan suara pada Pemilu 2019, urutan kedua (di bawah perolehan suara alm. H. Imran) adalah Haerul Saleh. Dia meraih sekira 42.402 suara,” ungkap Natsir, kemarin.

Natsir menjelaskan bahwa PAW anggota DPR RI merupakan proses penggantian anggota yang berhenti antarwaktu, karena meninggal dunia, mengundurkan diri atau diberhentikan sebagai anggota DPR RI. “Kalau itu (PAW Alm. Imran) nanti ditentukan oleh KPU RI. Kalau kami hanya menetapkan anggota DPRD saja. Tapi sekedar gambaran yang berhak menjadi pengganti adalah peroleh suara terbanyak kedua,” ulang Natsir.

Sekedar informasi, sesuai hasil pleno rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara yang dilakukan KPU Sultra 12 Mei 2019 lalu, kursi kelima anggota DPR RI Dapil Sultra berhasil diduduki oleh Alm. H. Imran dari Fraksi Gerindra yang memperoleh 61.087 suara.

Urutan kedua ditempati Haerul Saleh yang meraup sebanyak 42.402 suara, kemudian Bahtra diurutan ketiga dengan 13.642 suara, H. Muh. Adios diurutan keempat dengan 6.953 suara, kelima Astitin dengan 3.904 suara, dan Nurhaja diurutan keenam dengan perolehan 1.827 suara. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy