Guru Wajib Proaktif Awasi Pembelajaran Daring Siswa – Kendari Pos
Edukasi

Guru Wajib Proaktif Awasi Pembelajaran Daring Siswa

Seorang guru saat mengajar siswanya

KENDARIPOS.CO.ID — Kebijakan belajar dari rumah yang diperuntukan bagi siswa-siswi SMA/SMK sederajat di Sulawesi Tenggara (Sultra) sejak 16 Maret sampai 29 Mei untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkup pendidikan Sultra mendapat tanggapan positif bagi masyarakat. Pasalnya, dalam kondisi seperti ini, proses pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) merupakan pilihan yang tepat bagi seluruh siswa. Untuk itu, Kepala Dikbud Sultra, Asrun Lio mengimbau kepada 11.238 guru jenjang SMA sederajat lingkup Sultra untuk lebih proaktif memberikan tugas kepada siswa secara daring.

“Saat ini, kita memiliki guru sebanyak 11.238 dengan rincian guru berstatus PNS sebanyak 6.231 dan guru yang bersatus honorer tercatat 5.007. Mereka tersebar di 507 Sekolah yang tersebar di 17 Kabupaten di Sultra,” terangnya, Rabu (31/3).

Kegiatan daring yang dilakukan siswa akan terus dipantau oleh kepala sekolah dan pembina manajerial. Hal ini merupakan upaya agar para siswa walaupun di rumah tetap merasa seperti berada di sekolah dalam pantauan langsung dengan pemberian tugas dari guru. “Bagi sekolah di daerah yang belum memungkin- kan pembelajaran secara daring, maka dapat meminjamkan buku referensi di per siswa,” ungkapnya.

Untuk aktivitas pembelajaran ditekankan kepada penugasan life skill. Hal ini agar para siswa dan guru juga tidak terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas. Pendidik diminta untuk membuat bahan ajar serta melaksanakan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan bagi peserta didik. “Para guru harus terlibat langsung dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh siswa di rumah. Jangan terkesan belajar di rumah merupakan kesempatan bagi para siswa untuk liburan. Di sinilah peran aktif oleh guru,” tandasnya. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy