Genjot Sektor Pariwisata, Pemkab Kolaka Gandeng LIPI Bangun Kebun Raya – Kendari Pos
Kolaka

Genjot Sektor Pariwisata, Pemkab Kolaka Gandeng LIPI Bangun Kebun Raya

Bupati Kolaka, H.Ahmad Safei (tengah) saat melakukan kunjungan ke Kantor Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya – LIPI di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat.


KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Kolaka, H.Ahmad Safei terus berinovasi membangun Bumi Mekongga dari segala sektor, tak terkecuali sektor pariwisata. Meskipun saat ini sudah terdapat banyak objek wisata yang menarik di Kabupaten Kolaka, Ahmad Safei tidak berpuas diri. Pasangan Muhammad Jayadin itu menggandeng Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk pembangunan kebun raya di daerah otoritanya.

Ahmad Safei mengaku telah melakukan kunjungan ke Kantor Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya – LIPI di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat beberapa waktu lalu. Maksud dan tujuan dari kunjungan untuk melihat secara langsung pengelolaan kebun raya dan menjajaki kerja sama dengan LIPI untuk membangun kebun raya di Kabupaten Kolaka.

“Nantinya dengan keberadaan kebun raya di Kolaka diharapkan dapat meningkatkan kegiatan perekonomian masyarakat khususnya yang berada di lokasi wisata tersebut. Ini juga menjadi kebanggaan tersendiri karena tidak semua kabupaten mempunyai kebun raya,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kolaka, Andi Zulkarnain mengungkapkan, lokasi pembangunan kebun raya di Bumi Mekongga telah ditetapkan di Desa Lamedai, Kecamatan Tanggetada. Penetapan tersebut dilakukan berdasarkan hasil kajian akademik yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kolaka.

“Awalnya ada dua lokasi pilihan yang akan dijadikan lokasi pembuatan kebun raya yaitu di Desa Lamedai Kecamatan Tanggetada dan Kelurahan Ulunggolaka Kecamatan Latambaga. Setelah dilakukan kajian akademik, lokasi di Desa Lamedai dinyatakan lebih layak untuk pembangunan kebun raya,” ungkapnya.

Mantan Asisten III Setkab Kolaka itu mengatakan lahan tersebut merupakan hutan dan kawasan yang akan disulap menjadi kebun raya yaitu sekitar 100 hektare.

“Lahan seluas itu nanti akan ditanami beragam jenis bunga. Kebun raya akan berfungsi sebagai pelestarian terhadap kayu khas asal Kolaka yaitu kayu Kuku (pericopsis mooniana) dan jenis bambu marga Dinochloa spp. Secara bertahap nanti juga akan ada hewan seperti Anoa,” beber Andi Zulkarnain.

Untuk mengoptimalkan objek wisata tersebut, kata Zulkarnain pihaknya akan melengkapi dengan sejumlah infrastruktur. “Jadi di kebun raya itu nanti akan kami bangun juga jalan, gazebo, toilet, tempat kuliner serta fasilitas umum lainnya untuk kenyamanan pengunjung,” tambahnya.

Hanya saja, warga Kolaka harus bersabar untuk menikmati keindahan kebun raya tersebut. Pasalnya, rencana pembangunan objek wisata tersebut baru akan dilakukan pada tahun 2021 mendatang. Sebab saat ini pemerintah masih fokus dengan pencegahan virus covid-19.

“Pembangunan dimulai nanti tahun 2021. Kami berharap dengan adanya kebun raya ini maka objek wisata tersebut tidak hanya sebagai tempat rekreasi saja. Tetapi juga sebagai tempat edukasi untuk mengajarkan kepada para generasi penerus tentang tanaman dan hewan apa saja yang ada di Bumi Mekongga. Selain itu, kebun raya juga diharapkan bisa menjadi salah satu sumber PAD,” kata Andi Zulkarnain. (fad/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy