Gegara Korona, Program Prioritas Dinas PUTR Konsel Tertunda – Kendari Pos
Konawe Selatan

Gegara Korona, Program Prioritas Dinas PUTR Konsel Tertunda

Rafid


KENDARIPOS.CO.ID — Efek mewabahnya Covid-19 tak hanya berdampak pada kondisi sosial ekonomi masyarakat. Pandemi corona itu juga memberi bias pada realisasi program prioritas pembangunan 2020, termasuk di Konawe Selatan (Konsel). Sejumlah program pembangunan yang melekat di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Konsel, ikut terpending.

Plt Kepala Dinas PUTR, Rafid, mengaku, sekitar 50 persen anggaran kegiatan pembangunan yang melekat di instansi teknis itu, berkurang. “Jumlahnya mencapai Rp 45 miliar dari dana alokasi khusus (DAK) yang terpotong. Itu belum dari APBD,” ungkapnya, kemarin. Rafid menyebut sejumlah kegiatan pembangunan yang tertunda itu melekat pada beberapa bidang, seperti Bina Marga, Cipta Karya, SDA maupun Tata Ruang dan Jasa Kontruksi.

Sejumlah kegiatan pembangunan di bidang bina marga yang ikut terdampak diantaranya pengaspalan jalan Kapuwila-Anese, Anese- Mowila dan Baito-Sabulakoa. “Kemudian untuk pembangunan irigasi ada tiga, yakni di Alangga, Kelurahan Potoro, di Lapoa dan Pamandati. Ada sekitar Rp 5 miliar anggaran yang sumbernya dari DAK, terpending,” rincinya.

Sementara dari bidang Cipta Karya, ada empat program prioritas, yakni pembangunan bak penampungan di Desa Laonti, Desa Namu, dan sumur Desa di Tolihe serta di Desa Torokeku. Jumlah anggaran yang diplot untuk proyek itu sekitar Rp 3 miliar. “Yang jelasnya, dari Rp 145 miliar anggaran kegiatan di PU, baik DAK maupun APBD, saat ini sudah mencapai 50 persen yang terpotong. Itu setelah realoaksi dan refocusing anggaran. Semoga beberapa kegiatan yang terpending ini bisa masuk pada tahun berikutnya. Sebab ini sudah menjadi janji di masyarakat,” harap Rafid. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy