Festival Budaya Tua Buton Batal Digelar – Kendari Pos
Buton

Festival Budaya Tua Buton Batal Digelar

Festival Budaya Tua Buton yang menjadi agenda tahunan, ditiadakan pada 2020 ini. Event nasional tersebut tak dihelat akibat pandemi virus corona yang belum berakhir.

KENDARIPOS.CO.ID — Festival Budaya Tua Buton menjadi agenda yang selalu dinanti setiap tahunnya, baik warga lokal maupun pelancong nasional hingga mancanegara. Tahun ini festival itu sejatinya sudah masuk kalender event nasional. Sayangnya, kegiatan spektakuler itu harus ditiadakan. Penyebabnya sudah tentu pandemi virus corona yang belum berakhir.

Bapati Buton, La Bakry, membenarkan penghapusan agenda itu. Ditemui kemarin, Ketua DPD II Golkar Buton tersebut menjelaskan, selain karena waktu persiapannya sudah tidak memungkinan, anggaran juga sudah dialihkan ke penanganan Covid-19.

“Anggaran festival ada melekat di setiap OPD juga. Itu sudah kita alihkan kemarin,” katanya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buton, Rusdi Nudi, mengungkapkan, pembatalan agenda festival budaya itu sudah melalui rapat bersama pemerintah daerah. “Sudah rapat hari ini dan disepakati tidak ada dulu festival budaya. Rencana besok akan kita laporkan ke Kementerian Pariwisata secara resmi,” katanya kemarin.

Festival yang melibatkan ribuan penari dan ratusan panitia serta puluhan ribu pengunjung itu seharusnya sudah memasuki masa persiapan pada Mei mendatang. Dijadwalkan hari pelaksanaannya pada awal Agustus. “Perencanaan matangnya itu biasa bulan Mei, latihan bulan Juni. Pelaksanaan bulan Agustus,” lanjutnya.

Pegelaran seni budaya tua Buton sendiri sudah dilaksanakan selama tujuh tahun berturut-turut. Festival itu masih memegang rekor MURI dengan jumlah penari terbanyak hingga mencapai 10 ribu orang, beberapa tahun lalu. Setelah berjuang bertahun-tahun, Pemkab Buton akhirnya mampu meyakinkan Pemerintah Pusat agar festival itu masuk sebagai 100 Event Wonderful Indonesia. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy