Fasilitas BLUD Konsel Memadai Untuk Penanganan Pasien Covid-19 – Kendari Pos
Konawe Selatan

Fasilitas BLUD Konsel Memadai Untuk Penanganan Pasien Covid-19

KENDARIPOS.CO.ID — Pasca ditunjuk sebagai Rumah Sakit rujukan pasien gejala Covid-19 untuk Kabupaten Bombana, Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit (RS) Konawe Selatan (Konsel) sudah menerima dua pasien asal daerah tambang emas itu. Hal itu diungkapkan oleh Direktur BLUD Rumah Sakit Konsel, dr. Boni Lambang Pramana.

Direktur BLUD RS Konsel, dr. Boni Lambang Pramana (kiri) saat memberikan penjelasan terkait kesiapan pihaknya menjadi rumah sakit rujukan penanganan pasien Covid-19.

“Sejauh ini, kita sudah rawat dua pasien yang berasal dari Bombana. Kedua pasien itu, pertama jenis kelamin perempuan usia (61). Hasil keterangan rujukan dari gugus tugas Bombana, pasien mengalami gejala demam, dan pasien satunya jenis kelamin laki-laki usia (19) alami demam, sesak dan kondisi tubuh lemah,” ungkapnya, kemarin.

Dari dua pasien gejala Covid-19 yang dirawat lanjut dokter ramah ini, satu pasien usia 61 tahun sudah dipulangkan. Hal itu berdasarkan hasil tes swab dan hasilnya negatif, kondisi pasien juga sudah membaik.
“Sementara pasien yang usia 19 tahun, masih sementara menjalani perawatan di ruang isolasi RS Konsel,” sebutnya.

Boni menjelaskan, pasien yang dirujuk tersebut memang sudah masuk status pasien dalam pengawasan (PDP) sejak dari Bombana. “Sehingga ketika masuk kita langsung rawat di ruang isolasi. Meskipun hasil rapid test masih negatif, tapi kita tetap terapkan sesuai protokol penanganan Covid-19,” imbuhnya.

Ditambahkan, dalam rangka penanganan pasien Covid-19, BLUD RS Konsel telah dilengkapi persiapan yang memadai. Baik dari tenaga medis maupun sarana dan prasarana. “Kita ada 15 dokter ahli dan 9 dokter umum. Ditambah sejumlah perawat dan petugas Lab. Semuanya siap bekerja ketika dibutuhkan,”katanya.

Sementara ketersediaan alat pelindung diri (APD), tambah Boni pihaknya telah memesan 1.000 paket bagi tenaga medis. “Untuk alat rapid test, kita punya berjumlah 310, yang terpakai sudah 111,” tutupnya. (c/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy