Enam Sengketa Pilkades di Busel Belum Tuntas – Kendari Pos
Buton Selatan

Enam Sengketa Pilkades di Busel Belum Tuntas

Amrin Abdullah


KENDARIPOS.CO.ID — Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahap II yang berlangsung di 34 wilayah se-Kabupaten Buton Selatan (Busel) memang sudah selesai digelar sejak Juli 2019 lalu. Jika para pemenang saat itu sudah menjalankan amanat jabatannya, namun tidak bagi enam kandidat lainnya. Mereka masih harus bersabar untuk menduduki kursi kepala desa. Sebab hasil Pilkades pada enam desa di Busel hingga kini masih dituntaskan dalam proses hukum.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Buton Selatan, Amrin Abdullah, membenarkan hal itu. Dijelaskannya, sengketa enam desa itu sebenarnya sudah diputus oleh Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) beberapa bulan lalu. Hanya saja, pihak yang kalah belum menerima hasil itu dan mengajukan banding. “Soal Pilkades sudah ada putusan. Tapi ternyata masih berlanjut lagi, karena ada yang banding,” katanya, kemarin.

Amrin merinci, lima desa dimenangkan oleh Pemkab Busel sebagai pihak tergugat. Sementara satu desa lainnya dimenangkan oleh penggugat dalam hal ini salah satu calon kepala desa Lawela. Terhadap lima kasus yang dimenangkan Pemkab Busel itu kata dia ada beberapa yang mengajukan banding. Demikian juga dengan Desa Lawela yang dimenangkan penggugat. Pihak pengacara daerah juga mengajukan banding.
“Makanya belum bisa dilantik. Seperti desa Waonu, itu masih banding ke daerah. Pengacara daerah pun masih banding juga atas hasil Desa Lawela itu. Jadi masih proses, kita tunggu putusan itu lagi,” tandas Amrin. (c/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy