Dua Raperda Desa Pemkab Konawe Tunggu Pengesahan – Kendari Pos
Konawe

Dua Raperda Desa Pemkab Konawe Tunggu Pengesahan


KENDARIPOS.CO.ID — Rancangan peraturan daerah (Raperda) nama-nama desa dan penggabungan tiga wilayah di Konawe telah masuk di Biro Hukum Sekretariat DPRD Sulawesi Tenggara (Sultra). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe sampai saat ini masih menunggu dua Raperda itu disahkan menjadi Perda oleh DPRD Sultra. Jika sudah diketuk palu, dalam waktu dekat dana desa (DD) tahap I tahun 2020 di Konawe bisa segera dikucurkan oleh pusat.

Sekab Konawe, Ferdinand Sapan (tengah) bersama Wakil Ketua DPRD Sultra, Muhammad Endang SA (kedua dari kanan) saat membahas agenda penyaluran dana desa di wilayah tersebut, termasuk penetapan dua Raperda.

“Kita butuh dukungan dari DPRD Sultra melalui Biro Hukum. Raperda nama-nama desa dan Raperda penggabungan tiga desa sudah ditunggu oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Kita harap minggu depan ditetapkan menjadi Perda. Sehingga, blokir dana desa (DD) ke Konawe bisa segera dibuka,” pinta Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe, Ferdinand Sapan, kemarin. Diakuinya, salah satu bias pemblokiran DD oleh Pemerintah Pusat, menyebankan pencairan tahap I terlambat jika dibanding daerah lain di Sultra.

Selain Konawe, kata Ferdinand, Kabupaten Buton sampai saat ini anggaran DD juga belum dikucurkan oleh Pemerintah Pusat. “Tapi untuk di Konawe, kami dari pemerintah mengupayakan secepatnya. Apalagi, bantuan langsung tunai (BLT) bagi warga di desa yang terdampak Covid-19, anggarannya juga bersumber dari DD,” ungkap mantan Kepala BPKAD Konawe itu.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sultra, Muhammad Endang SA, menjelaskan, pihaknya terus mendorong agar pencairan dana desa di Konawe bisa segera disalurkan melalui Kementerian Keuangan. Politikus Partai Demokrat itu menyebut, salah satu faktor penyebab diblokirnya DD di Konawe karena belum adanya kepastian hukum atas 56 desa yang diduga bermasalah. “Nanti kami cek ulang apa masalahnya di Biro Hukum Sekretariat DPRD Sultra. Tapi jelasnya, kami juga sudah melaporkan hal ini pada Presiden RI, Joko Widodo,” beber Endang. (b/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy