DPR, Mendagri dan KPU Sepakati Coblosan Pilkada Digelar 9 Desember – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

DPR, Mendagri dan KPU Sepakati Coblosan Pilkada Digelar 9 Desember

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi II DPR bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sepakat pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) digelar 9 Desember 2020. Semula pemungutan suara dijadwalkan pada 23 September 2020.

Perubahan hari H pemungatan suara Pilkada tentunya berpengaruh terhadap sejumlah tahapan pemilihan di Sultra. “Tentunya kami di daerah terdapat beberapa pergeseran, utamanya pada tahapan yang berpotensi bertemu dengan orang-orang. Misalnya verifikasi faktual perseorangan. Itukan harus dijumpai para pendukung calon perseorangan dari rumah ke rumah,” ujar La Ode Abdul Natsir Muthalib, Ketua KPU Sultra, Selasa (14/4) kemarin.

Begitu pula pada tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih. “Coklit itu kan dari rumah ke rumah. Berhubung saat ini masih dalam suasana social distancing dan physical distancing, tentu kita masih menunggu hasil rapat kerja untuk lebih memantapkan persiapan Pilkada tanpa harus melanggar protokol penanggulangan Covid-19,” kata Abdul Natsir Muthalib.

Meskipun DPR RI, pemerintah, dan penyelenggara pemilu telah menyepakati pelaksanaan Pilkada pada Desember mendatang, itu sifatnya masih hasil RDP (Rapat Dengar Pendapat). Finalnya atau yang paling menentukan adalah Perppu (Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang) yang dikeluarkan oleh presiden dan hasil rapat kerja terkait pemantapan teknis pilkada Desember 2020.

“Pada prinsipnya tentu kami mematuhi apapun kebijakan dari pemerintah. Insya Allah jika tak ada aral melintang, Perppunya akan terbit dan rapat kerjanya akan dilaksanakan Juni atau Juli nanti sembari melihat perkembangan penyebaran Covid-19,” kata Abdul Natsir Muthalib.

Untuk diketahui, Komisi II DPR bersama Mendagri, KPU, Bawaslu dan DKKP menggelar rapat lanjutan RDP terkait pelaksanaan pilkada. Hasil rapat pertama, Komisi II DPR RI menyetujui usulan pemerintah terhadap penundaan pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Serentak tahun 2020 menjadi tanggal 9 Desember 2020.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy