Dosen Hukum UMK Sukses Raih Gelar Doktor, Ujian Disertasi Berlangsung Online – Kendari Pos
Edukasi

Dosen Hukum UMK Sukses Raih Gelar Doktor, Ujian Disertasi Berlangsung Online

Suasana saat sidang disertasi Abdul Djabal Rahim di ruang Laboratorium UMK.

KENDARIPOS.CO.ID — Ditengah pandemi Corona Virus (Covid-19), salah satu dosen Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK), Dr. Abdul Jabal Rahim yang menjadi mahasiswa pada program Doktor di Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang, berhasil menyelesaikan ujian disertasinya secara daring (online) yang berjudul “Rekonstruksi Sanksi Pidana Terhadap Anggota KPU yang Melakukan Tindak Pidana Pemilu Berbasis Nilai Keadilan”

Sidang terbuka secara daring tersebut berlangsung selama dua jam atau pukul 14.00 -16.00 WITA yang bertempat di Laboratorium Peradilan semu Fakultas Hukum UMK , dengan menggunakan metode video conference via aplikasi Zoom, pada Sabtu (18/4) lalu.

Saat dikonfirmasi, Rektor UMK, Amir mahmud membenarkan pelaksanaan ujian akhir program doktor tersebut, menurutnya, langkah itu diambil berhubungan dengan pandemi Coronavirus Disease 2019 yang kian hari semakin mengkhawatirkan. Sehingga, mengharuskan lembaga Perguruan Tinggi (PT) seperti UNISSULA Semarang melakukan ujian disertasi secara Daring.

“Ya, ini merupakan suatu langkah yang sangat baik Ditengah situasi saat ini. Jangan karena adanya wabah Covid-19 sidang yang tadinya sudah siap terlaksana menjadi batal,” ujarnya.

Lanjut Amir Mahmud, pembimbing, promotor dan lainnya, berada diluar Provinsi Sultra, apakah yang bersangkutan berada di UNISSULA Semarang atau di tempat lain. Yang jelas model ujian seperti ini cukup efektif ditengah pandemi Covid-19 sekarang.

“Kalau biasanya ujian disertasi yang itu terkesan sakral dan dihadiri banyak orang. Berbeda dengan kali ini, ujiannya terlihat sunyi dengan memperhatikan jarak sesuai protokol kesehatan penanganan Covid-19,” tuturnya.

Sementara itu, Dr. Abdul Jabal Rahim mengaku bersyukur atas sidang disertasinya yang berlangsung secara Daring tersebut.
“Alhamdulillah, Ditengah situasi yang terjadi saat ini, saya bisa menyelesaikan salah satu tugas akhir saya. Meskipun ini dilakukan secara tidak seperti sidang Doktoral pada umumnya, namun prosesnya tetap dilakukan sesuai dengan sidang yang dihelat secara tatap muka,” tuturnya usai sidang.

Sebagai informasi, Abdul JabarRahim dinyatakan lulus dengan raihan Indeks Prestasi Kumulatif 3.81. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy