DKPP Mubar Programkan Alat Tangkap Nelayan – Kendari Pos
Muna Barat

DKPP Mubar Programkan Alat Tangkap Nelayan

H. La Djono


KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Muna Barat (Mubar) memprogramkan pengadaan bantuan alat tangkap bagi nelayan di wilayah itu, tahun ini. Anggaran untuk bantuan tersebut diplot melalui dana alokasi umum (DAU) dan menyasar masyarakat nelayan yang mendiami wilayah kepulauan.

Realisasi program tersebut diproyeksi setelah penyesuaian kebijakan usai Pemerintah Pusat menyetop dana transfer di daerah. Kepala DKP Mubar, H. La Djono, menjelaskan, bantuan alat tangkap yang didistribusi nanti berupa pukat, bubu, bagang serta serong. Nantinya, bantuan dari pemerintah tersebut diberikan pada kelompok-kelompok nelayan yang sudah dibentuk.

“Kita sudah input, tinggal kebijakan penyesuaian. Jadi akan kita berikan pada kelompok-kelompok kecil seperti keluarga yang berjumlah tiga orang dalam satu tim,” jelasnya, akhir pekan lalu. La Djono tak menyebut dengan pasti berapa kelompok yang sudah terdaftar sebagai penerima. Hanya saja, mereka akan diberi bantuan sesuai kebutuhan dan usulan masing-masing kelompok.

“Sebenarnya, lebih cepat diberikan pada nelayan, semakin bagus. Karena harga-harga hasil laut itu anjlok. Nilai ekspor turun. Makanya, kita pacu ekonomi mereka dengan bantuan yang ada,” jelasnya. La Djono berharap, dengan diberikannya bantuan alat tangkap nanti, semua kebutuhan masyarakat di pesisir terpenuhi. Terlebih bagi peningkatan pendapatan ekonomi nelayan itu sendiri. (c/yaf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy