Dishub Kendari Sosialisasikan Perda Lalu Lintas dan Angkutan – Kendari Pos
Metro Kendari

Dishub Kendari Sosialisasikan Perda Lalu Lintas dan Angkutan

Petugas Dishub saat melakukan sosialisasi perda lalin dan angkutan jalan serta penyemprotan Disinfektan pada sejumlah angkutan kota (Angkot) di Kendari beberapa hari yang lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Jumlah angkutan kota (Angkot) yang beroperasi cukup banyak. Sayangnya, tidak sedikit yang kondisi kendaraannya tak layak. Padahal aturan mengharuskan angkot yang beroperasi memenuhi standar teknis dan laik jalan. Regulasi itu tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) nomor 4 tahun 2016 tentang penyelenggaraan Lalulintas dan Angkutan Jalan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kendari, Ali Aksa tak menepis hal itu. Untuk itulah, pihaknya terus menyosialisasikan Perda nomor 4 tahun 2016. Dalam perda tersebut, kendaraan yang dioperasikan untuk umum dalam trayek harus memiliki izin trayek dan memenuhi standar teknis dan laik jalan.

“Itu sangat penting, untuk menjamin keselamatan transportasi perkotaan dalam wilayah Kota Kendari. Mereka (pengusaha angkutan kota) harus mematuhinya,” kata Ali Aksa kemarin.

Angkot yang menjadi sasaran sosialisasi perda tersebut adalah kendaraan umum di trayek Wuawua, Lepolepo, dan Baruga. “Sosialisasi tersebut sebenarnya sudah kami lakukan sejak awal Januari sampai awal Maret kemarin. Tapi mewabahnya Covid-19 kami kondisikan pelaksanaannya,” jelasnya.

Sebagai tindak lanjut dari sosialisasi tersebut kata dia, dalam waktu dekat pihaknya akan melaksanakan penertiban angkutan orang dan angkutan barang khususnya yang beroperasi di Kota Kendari. “Dalam penertiban nanti, kami akan memberikan penindakan berupa pemberian sanksi kepada kendaraan yang melanggar yang terjaring dalam operasi,” tandasnya.

Selain sosialisasi, pihaknya juga melakukan penyemprotan disinfektan pada sejumlah angkot yang melintas. “Itu salah satu upaya kami dalam memutus rantai penyebaran COVID-19 yang saat ini sedang mewabah,” pungkasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy