Disdukcapil Konut Mudahkan Layanan Administrasi – Kendari Pos
Konawe Utara

Disdukcapil Konut Mudahkan Layanan Administrasi

Mili

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Konawe Utara (Konut) memberikan kemudahan bagi warga untuk mendapatkan dokumen kependudukan. Baik kartu keluarga (KK), akta kelahiran, pindah datang (mutasi), akta kematian maupun pergantian kartu tanda penduduk (KTP).

Bagi warga Konut, cukup berdiam diri di rumah untuk mendapatkan layanan administrasi kependudukan dari Disdukcapil. Masyarakat tinggal mengakses website Adminduk milik Disdukcapil. Dalam aplikasi itu telah tertuang kebutuhan yang diinginkan warga, tanpa harus ke kantor Disdukcapil. “Terobosan yang kami lakukan memberikan pelayanan secara online. Masyarakat tinggal mengakses disdukcapilkonut.online. Sudah ada beberapa jenis pelayanan baik kartu keluarga (KK), akta kelahiran, pindah datang (mutasi), akta kematian maupun pergantian kartu tanda penduduk (KTP),” rinci Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Mili, Rabu (1/4).

Mantan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan itu menguraikan, untuk mendapatkan dokumen kependudukan sudah sangat mudah tanpa perlu mengunjungi kantor Disdukcapil. “Pelayananan administrasi secara online mulai dilakukan di Konut sejak minggu lalu. Untuk di Sultra sendiri baru Konut yang menerapkan pelayanan administrasi secara online,” klaim Mili.

Dari beberapa jenis pelayanan yang dapat diakses secara online, pelayanan perekaman KTP-el belum bisa dilaksanakan, termasuk kepengurusan baru. Terkecuali pergantian KTP. “Pelayanan online ini tidak hanya berlaku pada saat wabah virus corona. Tetapi akan terus berlanjut seterusnya. Artinya, pelayanan online ini sangat memudahkan warga tanpa harus berbondong-bondong ke Disdukcapil. Tinggal membuka web dan memilih jenis layanannya,” ulangnya, menegaskan.

Untuk perekaman KTP-el, kedepannya juga akan diberlakukan secara online. Pria berkacamata itu menambahkan bagi warga yang sudah melakukan layanan online, akan diberikan pemberitahuan dari Disdukcapil melalui pesan email atau WhatsApp milik warga. “Jadi, kalau sudah selesai administrasinya, kami juga sudah menyiapkan satu orang disetiap kecamatan yang akan mendistribusikan pada masyarakat yang telah selesai pencetakan administrasi,” pungkasnya. (c/min)

2 Comments

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy