Disdukcapil Kolut Prioritaskan Warga Sakit – Kendari Pos
Kolaka Utara

Disdukcapil Kolut Prioritaskan Warga Sakit


KENDARIPOS.CO.ID — Sebagai kantor pelayanan publik, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kolaka Utara (Kolut) tetap bekerja meski ditengah maraknya penyebaran Covid-19. Hanya saja, instansi tersebut dibuka secara terbatas dan lebih mengutamakan masyarakat yang sakit dan bertujuan untuk berobat atau ke Rumah Sakit (RS).

Secara umum, Disdukcapil Kolut tertutup untuk pelayanan, terkecuali mendesak seperti pengurusan dokumen demi kepentingan berobat ke RS, BPJS dan penerimaan anggota TNI-Polri. Pelayanan juga dapat dilakukan melalui online.

Kadisdukcapil Kolut, Buhari, mengatakan secara umum kantornya tertutup untuk pelayanan, terkecuali mendesak seperti pengurusan dokumen demi kepentingan berobat ke RS, BPJS dan penerimaan anggota TNI-Polri. Sementara untuk pengurusan akta kelahiran, kartu keluarga (KK), KTP-el, keterangan surat pindah domisili dan lainnya ditangguhkan hingga waktu yang belum ditentukan. “Jadi masyarakat Kolut diminta agar tidak ke kantor dulu karena kami telah lakukan pembatasan pelayanan termasuk pengurangan pegawai karena diatur per sift,” jelas Buhari, kemarin. Ia mengungkapkan, yang sifatnya bertatap muka secara langsung di instansinya, dibatasi. Disdukcapil juga membuka jalur komunikasi pengajuan dokumen administrasi cukup dilakukan via whatsapp. “Berkasnya difoto dan dikirim ke nomor yang kami sediakan untuk kami proses. Hasilnya akan kami sampaikan berikut waktu pengambilannya. Ingat, hanya yang mendesak,” tegasnya.

Penghentian interaksi secara tatap muka di kantornya dikatakan berlaku sejak 24 Maret lalu. Hal itu berdasarkan surat edaran Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (RI) bernomor 3.1/2978/Dukcapil. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy